Home ENTERTAINMENT Selebriti Ridho Rhoma Layangkan Surat Penundaan Penahanan ke Kejari Jakbar

Ridho Rhoma Layangkan Surat Penundaan Penahanan ke Kejari Jakbar

Hello.id, Jakarta – Ridho Rhoma melayangkan surat penundaan penahanan kepada Kejaksaan Kejaksaan Negeri Jakarta Barat lantaran dirinya belum menerima salinan putusan kasasi Mahkamah Agung yang memvonis dirinya dengan hukuman penjara satu tahun enam bulan.

Ridho yang diwakili oleh kuasa hukummnya, Achmad Cholidin, mengatakan satu-satunya surat yang diterima kliennya hanyalah surat undangan eksekusi yang dilayangkan oleh Kejari Jakarta Barat.

“Sampai saat ini kami dan Mas Ridho belum menerima petikan yang dikirimi Pengadilan Negeri Jakarta Barat melalui Pengadilan Negeri Depok, terlebih lagi salinan putusan,” kata Achmad di Jakarta, Senin (15/4/2019).

Ridho Rhoma saat didampingi orang tuanya Rhoma Irama dan Marwah Ali.

Achmad juga mengatakan pihaknya baru mengetahui putusan MA yang memvonis Ridho untuk menjalani masa tahanan selama satu setengah tahun tersebut melalui pemberitaan media. Dia kemudian ia meminta salinan putusan tersebut ke Pengadilan Negeri Jakarta Barat.

Kuasa hukum Ridho juga mengatakan permintaan penundaan penahanan itu sesuai dengan Pasal 270 KUHAP yang menyebutkan bahwa “Pelaksanaan putusan Pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap dilakukan oleh Jaksa, yang untuk itu Panitera mengirimkan salinan surat putusan kepadanya.”

Atas dasar tersebut Ridho melalui kuasa hukumnya melayangkan surat penundaan penahanan kepada Kejaksaan sampai mereka menerima salinan putusan.

Namun, Achmad menegaskan Ridho sudah siap untuk menjalani putusan tersebut. “Jadi Ridho sampai saat ini tinggal menerima salinan putusan, Insyaallah Ridho bersedia untuk melaksanakan putusan tersebut,” ujarnya..

Terpisah, Kepala Seksi Pidana Umum (Kasipidum) Kejaksaan Negeri Jakarta Barat, Wuriadhi, mengatakan ia sudah menerima petikan putusan MA sejak dua pekan lalu, yang kemudian langsung ditindak lanjuti dengan melayangkan surat panggilan ke Ridho yang jatuh pada hari ini.

“Saya hargai mereka (kuasa hukum) hadir hari ini, karena berdasar pada KUHAP 270 harus ada salinan putusan, maka Jumat kemarin sudah kita layangkan surat ke Pengadilan Negeri untuk meminta surat salinan putusan,” kata dia.

Berdasarkan hal tersebut, pihak kejaksaan akan menjadwalkan ulang pemanggilan Ridho setelah kuasa hukumnya menerima salinan putusan tersebut.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Mahkamah Agung mengabulkan kasasi Jaksa Penuntut Umum (JPU) atas kasus penyalahgunaan narkoba.

Putusan itu memperberat hukuman Ridho di Pengadilan Negeri Jakarta Barat dari 10 bulan rehabilitasi menjadi 1,5 tahun penjara.

Ridho diketahui sudah menjalani masa hukuman 10 bulan rehabilitasi tersebut di RSKO Cibubur, Jakarta Timur. (fia)


Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.

Must Read

Tiga Kali Puncaki Billboard 200, BTS Samai Rekor Beatles

Hello.id, Jakarta - Boyband Korea BTS untuk ketiga kalinya albumnya menduduki peringkatt pertama dalam tangga lagu Billboard 200, yang berarti mereka menyamai...

Curhatan Derby Romero Kerja Bareng Istri

Hello.id, Jakarta - Aktor sekaligus penyanyi Derby Romero mengaku senang bisa kerja bersama sang istri, Claudia Adinda dalam film horor "SEKTE".

Serunya Billy Davidson saat Bertemu Para Pemain “Avengers : Endgame”

Hello.id, Jakarta - Billy Davidson adalah salah satu "super fans" Marvel. Bersama Tommy Lim dan Patricia Devina, Billy sempat pergi ke Seoul,...

Derby Romero : Saya Suka Film Horror

Hello.id, Jakarta - Penyanyi sekaligus aktor Derby Romero hanya memiliki satu alasan untuk kembali memproduksi film bergenre horor, yakni rasa suka.

Jalur Taman Wisata Alam Gunung Papandayan Sudah Bisa Dilintasi Bus

Hello.id, Garut - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyatakan wisatawan yang menggunakan kendaraan bus sudah bisa menuju gerbang utama...

Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.