Home LIFESTYLE Beauty Keunggulan Kokon untuk Perawatan Kulit Wajah

Keunggulan Kokon untuk Perawatan Kulit Wajah

Hello.id, Jakarta – Kokon atau kepompong ulat sutera memiliki pH atau derajat keasaman yang hampir sama dengan kulit manusia sehingga cocok digunakan untuk perawatan wajah menurut peneliti ulat sutera dari Badan Litbang dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Lincah Andadari.

Saat dihubungi di Jakarta pada Rabu (27/2/2019), ia menjelaskan bahwa karena derajat keasamannya sama dengan kulit manusia, penggunaan kokon untuk perawatan kulit wajah tidak akan membuat kulit kering dan iritasi.

Di samping itu, menurut dia, kokon mengandung asam amino dengan jumlah yang hampir sama dengan kulit manusia. Saat direndam, kokon akan mengeluarkan sericin, protein yang mengandung 18 asam amino baik untuk kulit.

Kokon yang digunakan untuk perawatan wajah adalah kokon yang sama yang dimanfaatkan untuk membuat benang sutera.

“Kokon juga mengandung anti-bakteri yang bermanfaat melindungi jaringan kulit, serta kandungan fibroin yang merupakan protein dalam kulit kokon, sehingga kulit menjadi lembut dan berkilau,” kata Lincah.

Dia mengatakan sebaiknya kokon digunakan seminggu sekali untuk eksfoliasi, mengangkat sel kulit mati.

Kokon yang digunakan untuk perawatan wajah adalah kokon yang sama yang dimanfaatkan untuk membuat benang sutera.

Sebelum digunakan, kokon harus direndam dalam air hangat selama 10 hingga 15 menit.

Selain untuk melepas sericin, perendaman ditujukan untuk melunakkan kokon. Setelah lunak, masukan kokon ke dalam jari lalu usapkan ke lembut di wajah.

Kokon sudah lama digunakan oleh perempuan Jepang untuk merawat kulit, dan sekarang banyak digunakan oleh perempuan negara Asia seperti Jepang dan Korea untuk merawat kecantikan. (akf)


Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.

Must Read

Tiga Kali Puncaki Billboard 200, BTS Samai Rekor Beatles

Hello.id, Jakarta - Boyband Korea BTS untuk ketiga kalinya albumnya menduduki peringkatt pertama dalam tangga lagu Billboard 200, yang berarti mereka menyamai...

Curhatan Derby Romero Kerja Bareng Istri

Hello.id, Jakarta - Aktor sekaligus penyanyi Derby Romero mengaku senang bisa kerja bersama sang istri, Claudia Adinda dalam film horor "SEKTE".

Serunya Billy Davidson saat Bertemu Para Pemain “Avengers : Endgame”

Hello.id, Jakarta - Billy Davidson adalah salah satu "super fans" Marvel. Bersama Tommy Lim dan Patricia Devina, Billy sempat pergi ke Seoul,...

Derby Romero : Saya Suka Film Horror

Hello.id, Jakarta - Penyanyi sekaligus aktor Derby Romero hanya memiliki satu alasan untuk kembali memproduksi film bergenre horor, yakni rasa suka.

Jalur Taman Wisata Alam Gunung Papandayan Sudah Bisa Dilintasi Bus

Hello.id, Garut - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyatakan wisatawan yang menggunakan kendaraan bus sudah bisa menuju gerbang utama...

Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.