Home DIGITECH Digital Pengumpulan Data Facebook Terganjal Aturan di Jerman

Pengumpulan Data Facebook Terganjal Aturan di Jerman

Hello.id, Jakarta – Badan pengawas anti-monopoli Jerman memerintahkan Facebook untuk menghentikan praktik mengumpulkan data karena melanggar aturan yang berlaku di negara tersebut.

“Di waktu mendatang, Facebook tidak lagi diizinkan memaksa pengguna untuk menyetujui pengumpulan data yang tidak terbatas dan menyambungkan data non-Facebook ke akun Facebook,” kata Kepala Federal Cartel Office, Andreas Mundt, demikian laporan Reuters, Kamis (7/2/2019).

Cartel tidak menyetujui praktik Facebook mengumpulkan data pengguna melalui aplikasi ketiga, termasuk WhatsApp dan Instagram, serta aktivitas melacak warganet yang bahkan tidak memiliki akun Facebook.

Facebook mengumpulkan data pengguna melalui aplikasi ketiga, termasuk WhatsApp dan Instagram.

Aktivitas pelacakan tersebut termasuk mengamati pengunjung ke website yang memiliki tombol “like” atau “share” dari Facebook, begitu juga dengan laman yang tidak memiliki tanda keberadaan Facebook.

Saat ini aturan tersebut tidak memiliki konsekuensi hukum dan Facebook memiliki waktu satu bulan untuk mengajukan banding, langkah yang akan mereka tempuh.

Facebook akan mengajukan banding karena menganggap lembaga tersebut mengabaikan kompetisi yang mereka hadapi dan merusak aturan privasi Eropa yang berlaku mulai tahun lalu.

“Kami tidak setuju dengan kesimpulan mereka dan berencana mengajukan bading agar orang-orang di Jerman dapat terus merasakan keuntungan dari layanan kami,” kata Facebook.

Perintah dari Cartel Office menyebutkan Facebook hanya dapat mengumpulkan data dari WhatsApp dan Instagram jika mendapatkan persetujuan dari pengguna, begitu juga dari aplikasi atau website ketiga. (nat)


Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.

Must Read

Brad Pitt akan Produksi Film Dokumenter Chris Cornell

Hello.id, Jakarta - Brad Pitt dan janda dari Chris Cornell, Vicky Cornell akan bekerja sama untuk memproduksi film dokumenter tentang almarhum rocker...

Samsung akan Luncurkan Ponsel Lipat Bersamaan dengan Galaxy S10

Hello.id, Jakarta - Samsung akan memperkenalkan ponsel lipat Galaxy F di acara peluncuran Galaxy S10 pada 20 Februari mendatang yang akan disiarkan...

Fujifilm Luncurkan Mirrorless X-T30

Hello.id, Jakarta - Fujifilm resmi membawa kamera mirrorless baru seri X, yaitu X-T30, yang menjanjikan bodi lebih ringan dan lensa resolusi 26,1MP.

Ramai Tagar #uninstallBukalapak, Achmad Zaky Minta Maaf

Hello.id, Jakarta - Lini masa Twitter, Jumat (15/2/2019) pagi dibanjiri tanda pagar #uninstallBukalapak akibat cuitan CEO Achmad Zaky yang dianggap mendukung salah...

Mantan Suami Dituduh Lakukan Pelecehan, Begini Tanggapan Mandy Moore

Hello.id, Jakarta - Musisi Ryan Adams dituduh melakukan pelecehan seksual oleh sejumlah wanita, hal itu diungkapkan dalam laporan New York Times awal...

Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.