Home LIFESTYLE Beauty Pemilik Kulit Sensitif Sebaiknya Tidak Mencoba Kosmetik Secara Berlapis

Pemilik Kulit Sensitif Sebaiknya Tidak Mencoba Kosmetik Secara Berlapis

Hello.id, Jakarta – Pemilik kulit sensitif sebaiknya tidak mencoba produk kosmetika baru secara berlapis-lapis, menurut dokter spesialis kulit dr. Sari Chairunnisa, SpKK.

“Kalau memang punya riwayat kulit sensitif, saat coba produk baru jangan langsung macam-macam tetapi satu-satu dulu,” kata dia yang merupakan Direktur Research and Development, PT Paragon Technology & Innovation itu di Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Saat memakai produk baru berlapis-lapis, Anda akan kesulitan menentukan mana produk yang tidak cocok bila muncul efek samping semisal kulit gatal, memerah atau panas. Sebaiknya pakai produk baru satu per satu sampai Anda rasa produk itu cocok untuk kulit Anda.

Selain iritasi, biasanya produk yang tak cocok untuk kulit juga menimbulkan keluhan lain seperti komedo dan bruntusan.

“Harus sabar-sabar kalau mau skin layering. Repot kalau sudah berlayer-layer, bingung produk mana yang harus di take-out. Karena yang enggak cocok bisa saja satu,” ujar Sari.

Dia mengatakan hasil atau efek suatu produk tergantung bahan dan masalah kulit. Oleh karenanya dia menganjurkan untuk mengamati kulit bahkan beberapa bulan setelah pemakaian produk.

“Bisa menilai harus evaluasi dua minggu kah, sebulan kah. Cocok atau tidak secara medis iritasi ada dalam hitungan jangka yang terlihat misal terasa panas. Tetapi ada iritasi yang late on set. Misal baru enam minggu,” tutur dia.

Sari menekankan cepat atau lambatnya muncul iritasi tergantung kadar iritan bahan. Semakin tinggi kadarnya, semakin cepat muncul efeknya seperti panas dan gatal.

Selain iritasi, biasanya produk yang tak cocok untuk kulit juga menimbulkan keluhan lain seperti komedo, bruntusan sampai kering atau agak merah, perih. (lws)


Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.

Must Read

Lima Jalanan yang Sedang Trendi di Korea Selatan

Hello.id, Jakarta - Bagi sebagian wisatawan Indonesia, foto-foto keren saat liburan jadi hal wajib yang nantinya akan dipamerkan di media sosial masing-masing.

Di Balik Penampilan Beyonce dalam Dokumenter “Homecoming”

Hello.id, Jakarta - Butuh usaha keras untuk bisa jadi penyanyi dengan aksi panggung memukau seperti Beyonce, dan hal itu diungkapkan dalam dokumenter...

Lima Cara Menyamarkan “Concealer”

Hello.id, Jakarta - Concealer adalah andalan untuk menghilangkan lingkaran hitam atau menyembunyikan bintik-bintik tak diinginkan untuk mendapatkan efek make up no-make up.

Lee Gi-kwang Highlight Memulai Wajib Militer

Hello.id, Jakarta - Lee Gi-kwang dari grup K-pop Highlight akan memulai wajib militer pada Kamis, kata agensinya seperti dilansir Yonhap.

BTS Masuk Daftar 100 Orang Berpengaruh 2019 Majalah TIME

Hello.id, Jakarta - Grup K-pop BTS masuk ke dalam daftar 100 orang paling berpengaruh pada 2019 versi majalah Time.

Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.