Home LIFESTYLE Beauty Bahaya Steroid dalam Produk Kosmetik

Bahaya Steroid dalam Produk Kosmetik

Hello.id, Jakarta – Jika Anda menggunakan produk kecantikan yang fungsinya memutihkan kulit, perhatikan apakah ada efek lain, misalnya tumbuh rambut-rambut halus atau tidak, karena bisa jadi ada kandungan steroid di sana.

Dokter spesialis kulit sekaligus Direktur Research and Development, PT Paragon Technology & Innovation, dr. Sari Chairunnisa, SpKK mengatakan steroid khususnya tipe dermovate berfungsi sebagai anti radang, namun punya efek samping membuat kulit menjadi putih.

“Ada beberapa yang menjual steroid sebagai lotion pemutih untuk badan. Itu sebenarnya krim anti radang. Efek sampingnya hipopigmentasi atau putih. Dalam jangka panjang bisa berdampak sistemik,” kata dia di Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Lotion pemutih badan yang memiliki efek samping hipopigmentasi atau putih.

Selain itu, biasanya juga muncul kehitaman dan stretchmark di bagian kulit yang diolesi streoid. Untuk itu, penggunaan steroid khususnya dermovate harus sesuai resep dokter.

Selain steroid masih banyak bahan-bahan di luar sana yang tidak aman namun digunakan dalam produk kosmetik. Bahaya yang muncul juga beragam sesuai bahannya.

Agar tak salah memilih produk, Sari menekankan masyarakat memastikan produsen jelas dan pada produknya sudah mendapatkan notifikasi BPOM dan MUI.

“Produk kosmetik aman bagian dari halal. Halal di sini berarti menggunakan bahan baku yang aman bagi kulit dan sesuai hukum Islam, serta memiliki proses produksi yang sesuai dengan syariat Islam dan tidak menyakiti makhluk hidup lain. Bahaya kosmetik enggak aman bisa berdampak buruk bagi kulit, tergantung bahannya,” ujar dia. (lws)


Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.

Must Read

Rupiah Pagi Dibuka Menguat 49 Poin

Hello.id, Jakarta - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin pagi (18/2/2019) bergerak menguat 49 poin menjadi Rp14.105...

Brad Pitt akan Produksi Film Dokumenter Chris Cornell

Hello.id, Jakarta - Brad Pitt dan janda dari Chris Cornell, Vicky Cornell akan bekerja sama untuk memproduksi film dokumenter tentang almarhum rocker...

Samsung akan Luncurkan Ponsel Lipat Bersamaan dengan Galaxy S10

Hello.id, Jakarta - Samsung akan memperkenalkan ponsel lipat Galaxy F di acara peluncuran Galaxy S10 pada 20 Februari mendatang yang akan disiarkan...

Fujifilm Luncurkan Mirrorless X-T30

Hello.id, Jakarta - Fujifilm resmi membawa kamera mirrorless baru seri X, yaitu X-T30, yang menjanjikan bodi lebih ringan dan lensa resolusi 26,1MP.

Ramai Tagar #uninstallBukalapak, Achmad Zaky Minta Maaf

Hello.id, Jakarta - Lini masa Twitter, Jumat (15/2/2019) pagi dibanjiri tanda pagar #uninstallBukalapak akibat cuitan CEO Achmad Zaky yang dianggap mendukung salah...

Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.