Home / LIFESTYLE

Senin, 18 April 2022 - 17:05 WIB

7 Tips Memilih Keyboard yang Baik dan Enak Dipakai

Keyboard merupakan salah satu perangkat elektronik yang wajib digunakan bersamaan. (Pixabay.com/LUM3N )

Keyboard merupakan salah satu perangkat elektronik yang wajib digunakan bersamaan. (Pixabay.com/LUM3N )

HELLO – Keyboard merupakan salah satu perangkat elektronik yang wajib digunakan bersamaan dengan PC. Bahkan, jenisnya ada berbagai macam.

Mulai dari keyboard kabel yang sering kita jumpai, hingga keyboard wireless. Maka dari itu, sangat penting untuk tahu cara memilih keyboard sesuai kenyamanan Anda.

Inilah Cara Memilih Keyboard yang Nyaman Digunakan

Ketika Anda pilih keyboard sesuai kenyamanan penggunaan tentu tidaklah mudah. Hal ini karena setiap orang memiliki kebutuhan sehari-hari yang berbeda.

Contohnya saja untuk mengetik biasa atau bisa juga digunakan untuk gaming.

Pada kesempatan kali ini kami akan sharing bagaimana cara untuk memilih keyboard sesuai kenyamanan Anda sehari-hari.

1.      Pilih Berdasarkan Port Penghubungnya

Pada sebuah keyboard biasanya memiliki tiga jenis port penghubung, seperti PS/2, USB, dan wireless. Dari segi efisiensi, pilihan port wireless sangat bagus meski keyboard tersebut menggunakan baterai. Namun, pemakaian daya baterainya termasuk sedikit.

Hal ini juga berlaku apabila Anda ingin meja komputer yang lebih rapi tanpa banyaknya kabel keyboard. Karena keyboard wireless menggunakan sistem jaringan bluetooth sehingga tidak memerlukan sambungan kabel sama sekali.

Selain jenis koneksi keyboard USB, ada juga port ps/2 yang merupakan jenis lama. Namun, sekarang ini kebanyakan keyboard yang dijual merupakan jenis USB untuk yang berkabel maupun wireless. Maka sebelum memilih keyboard dengan jenis USB ini pastikan bahwa Anda memiliki satu slot USB kosong.

Baca Juga :   Gandeng 2 Model Terkemuka, Brand Asli Indonesia Tampil di Arab Fashion Week

2.      Pilih Berdasarkan Jenis Tombol

Ada 3 jenis keypad pada keyboard yang beredar di pasaran, contohnya tombol scissor, silicon dome, dan mechanical. Untuk keyboard standar, biasanya menggunakan jenis silicon dome pada setiap tombol yang ada di keyboard sehingga tidak terlalu awet, tetapi harganya lebih murah.

Namun, untuk jenis tombol scissor biasanya terasa lebih halus sehingga sangat direkomendasikan bagi Anda yang sering menggunakan komputer untuk pekerjaan kantoran seperti pembuatan dokumen.

Sedangkan untuk model mekanikal yang menggunakan teknologi pegas akan lebih cocok bagi Anda yang sering bermain game menggunakan PC. Karena biasanya para gamer membutuhkan gerakan yang cepat dan mendadak.

3.      Sesuaikan Fisik dan Fiturnya

Ada beberapa jenis keyboard berdasarkan model dan fiturnya, mulai dari yang kecil hingga yang sangat besar. Selain itu, ada juga keyboard yang memiliki bahan karet dan pola-pola tertentu.

Bahkan, ada juga keyboard yang memiliki bahan tebal maupun tipis yang bisa digulung oleh penggunanya. Maka dari itu, sebelum membeli keyboard, ada beberapa yang perlu Anda perhatikan seperti ketersediaan angka-angka pada keyboard hingga model penyusunan tombol seperti QWERTY dan DVORAK.

4.      Pilih Berdasarkan Bentuk dan Dimensi Keyboard

Selain fisik dan fungsinya,  cara memilih keyboard harus memperhatikan bentuk dan dimensi keyboard. Seperti sekarang ini ada beberapa jenis keyboard yang memiliki bantalan (wrist pad) yang nyaman digunakan untuk mengetik. Serta ada juga keyboard yang sudah built-in dengan mouse pad.

Baca Juga :   Ketua DPR RI Puan Maharani akan Perjuangkan agar Punya Hari Kebaya Nasional

Namun, jenis keduanya memiliki harga yang lebih mahal, tetapi sangat sebanding dengan kegunaannya. untuk warna, keyboard berwarna hitam akan lebih nyaman dilihat oleh mata.

5.      Sesuaikan dengan Kebutuhan Kerja atau Bermain Game

Bagi Anda yang menggunakan keyboard untuk kebutuhan kerja kantoran saja, Anda bisa membeli keyboard standar yang lebih murah. Sedangkan bagi para gamer, akan lebih nyaman membeli keyboard khusus game. Hal ini karena keyboard game memiliki fitur-fitur tombol yang lebih mudah dan praktis dalam menjalankan perintah pada game.

Selain itu, tombol untuk keyboard game biasanya lebih kokoh, tinggi, dan memiliki jarak yang lebih lebar. Sehingga apabila ditekan terlalu dalam tidak akan mudah rusak.

Namun, apabila Anda tidak nyaman dengan jarak keyboard yang terlalu renggang, Anda bisa memilih yang lebih rapat menyesuaikan kebutuhan. Contohnya saja Keyboard Logitech yang bisa digunakan untuk kebutuhan kantor dan game serta memilih jarak antar tombol yang tidak terlalu rapat maupun renggang.

6.      Sesuaikan dengan Mobilitas Kerja

Apabila Anda menggunakan keyboard tambahan sebagai ganti keyboard pada laptop dan sering memindahkannya, maka sangat direkomendasikan untuk menggunakan keyboard wireless. Karena dengan bentuknya yang nirkabel, Anda akan lebih mudah memindahkan perangkat kerja Anda dimana saja dan kapan saja.

7.      Sesuaikan Harga

Perhatikan juga budget yang Anda miliki, karena tidak semua jenis keyboard memiliki harga yang murah. Beberapa jenis keyboard dengan merk terkenal dan fungsi yang sangat banyak biasanya memiliki harga yang agak mahal. Namun, hal itu sebanding dengan kualitas yang didapatkan dan lebih awet dalam penggunaannya.

Baca Juga :   Lima Ciri-ciri Diabetes yang Perlu Diwaspadai, Tidak Boleh Dilupakan

Namun, apabila budget Anda pas-pasan, lebih baik memilih keyboard standar kantoran yang lebih murah. Hanya saja, tetap perhatikan fitur-fitur yang ditawarkan agar Anda tidak merasa rugi meski membelinya dengan harga murah.

Dari 7 cara memilih keyboard di atas, Anda bisa mendapatkan yang sesuai kebutuhan dengan mudah melalui keyboard Logitech. Logitech sendiri merupakan salah satu merk terkenal dan terbaik yang menyediakan berbagai macam kebutuhan elektronik. Contohnya saja seperti mouse, headphone, hingga keyboard.

Ada berbagai macam jenis keyboard Logitech yang bisa Anda pilih. Mulai dari keyboard standar dengan kabel, hingga yang berjenis wireless. Selain itu, ada juga keyboard yang biasa digunakan untuk bermain game.

Keyboard Logitech ini bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui Blibli.com, salah satu marketplace terbaik di Indonesia yang menyediakan berbagai macam kebutuhan. Mulai dari kebutuhan pokok, sekunder, hingga kebutuhan gaya hidup lainnya.

Selain keyboard, Anda juga bisa mendapatkan berbagai macam barang dari Logitech di Blibli.com ini untuk memenuhi kebutuhan kantor sehari-hari. Contohnya saja seperti berbagai macam jenis mouse hingga headphone. Yuk, penuhi kebutuhan elektronik Anda bersama Blibli.***

Share :

Baca Juga

LIFESTYLE

Gandeng 2 Model Terkemuka, Brand Asli Indonesia Tampil di Arab Fashion Week

LIFESTYLE

Ketua DPR RI Puan Maharani akan Perjuangkan agar Punya Hari Kebaya Nasional

LIFESTYLE

Curug Cijalu, Destinasi Wisata Alam Unggulan yang Ramai Dikunjungi di Kabupaten Subang

LIFESTYLE

Lima Ciri-ciri Diabetes yang Perlu Diwaspadai, Tidak Boleh Dilupakan

LIFESTYLE

Setahun Hari Kesiapsiagaan Epidemi Internasional, Puan: Kita Harus Tetap Tangguh