Home PAPUA Papua Bupati Manokwari Minta Disdukcapil Masuk Dalam Struktur Kemendagri

Bupati Manokwari Minta Disdukcapil Masuk Dalam Struktur Kemendagri

Hello.id, Manokwari – Bupati Manokwari, Provinsi Papua Barat, Demas Paulus Mandacan meminta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat dimasukkan ke dalam struktur Kementerian Dalam Negeri.

“Ini berkaitan dengan kinerja aparatur sipil negara (ASN) di Disdukcapil. Selama ini ketika yang bersangkutan kinerjanya buruk pemerintah kabupaten yang menjadi sasaran masyarakat. Kami yang disalahkan,” kata Bupati Demas pada Rapat Koordinasi Pembenahan Sistem Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang digelar KPK di Manokwari, Selasa (8/10/2019).

Bupati menjelaskan, saat ini Disdukcapil masih menjadi bagian dari organisasi perangkat daerah (OPD). Sementara kewenangan daerah terbatas dalam mengatur ASN di OPD tersebut.

Ia berharap Disdukcapil tidak lagi menjadi OPD melainkan ditarik atau dijadikan sebagai lembaga vertikal di bawah Kemendagri melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Demas mengungkapkan, pernah ada satu kasus di Disdukcapil Manokwari di mana ada ASN yang kinerjanya buruk. Ia hendak melakukan pergantian namun terbentur masalah kewenangan.

“Untuk itu sebaiknya Disdukcapil ini sebaiknya melekat langsung di bawah Ditjen Dukcapil, sehingga jelas dan masyarakat tidak menyalahkan kabupaten jika terjadi masalah,” katanya.

Terkait hal ini, bupati sudah pernah melayangkan surat kepada Ditjen Dukcapil. Ia berharap hal ini menjadi pertimbangan agar kinerja Disdukcapil di daerah semakin maksimal.

“Disdukcapil ini adalah instansi yang berhubungan langsung dengan masyarakat, maka mutu pelayanan harus benar-benar prima. Evaluasi dan perbaikan harus terus dilakukan agar lebih baik,” katanya. (tyb)


Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.

Must Read

Kiat Hadapi “Mom Shaming” Menurut Psikolog

Hello.id, Jakarta - Psikolog Dessy Ilsanty menuturkan banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi mom shaming atau perundungan verbal yang diarahkan pada...

Ini Hal yang Sering Dilupakan Ibu Hamil saat akan Melahirkan

Hello.id, Jakarta - Kebanyakan ibu hamil yang akan melahirkan sering lupa melakukan hal-hal yang ternyata penting untuk kelancaran proses kelahiran sang bayi.

Cara Benar Pendidikan Seksual kepada Anak

Hello.id, Jakarta - Pendidikan seksual penting diajarkan sejak dini agar anak memiliki masa depan yang benar, dan tidak tumbuh dengan penyimpangan seksual.

Christian Sugiono Sediakan Wastafel Ramah Anak

Hello.id, Jakarta - Selebritas Christian Sugiono memiliki cara tersendiri menanamkan kebiasaan mencuci tangan pada anak, salah satunya menyediakan wastafel yang ramah anak.

Rahasia Pernikahan Awet Victoria-David Beckham

Hello.id, Jakarta - Sudah dua dekade sejak Victoria Beckham dan David Beckham menikah. Desainer berusia 45 tahun itu mengungkapkan rahasia pernikahan mereka.

Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.