Home HEALTH & SEX Health Benarkah Minyak Curah Tak Bergizi? Ini Kata Ahli Gizi

Benarkah Minyak Curah Tak Bergizi? Ini Kata Ahli Gizi

Hello.id, Bogor – Pemerintah belum lama ini mengimbau masyarakat tak menggunakan minyak curah demi alasan kesehatan. Tetapi benarkah minyak yang biasanya dijual lebih murah dari minyak bermerek ini tak bergizi?

“Minyak yang dijual dengan merek, produsen sudah menambah dengan fortifikasi misalnya ada tambahan gizi. Minyak curah itu tidak ada tambahan, hanya kelapa sawit,” ujar Medical Department Kalbe Farma, dr Dedyanto Henky Saputra, M.Gizi di Bogor, Selasa (8/10/2019).

Berbeda halnya jika minyak curah telah dipakai berkali-kali dan disaring hingga warnanya kembali bening. Pada minyak ini kandungan lemaknya menjadi tidak stabil karena telah melalui pemanasan berkali-kali.

Minyak goreng curah ada yang berasal dari minyak bekas atau jelantah yang disaring dengan zat tertentu.

“Struktur dari lemak semakin sering dipanaskan, rantainya tidak stabil atau dikenal sebagai minyak trans. Semakin dipanaskan lemak jadi tidak stabil. Kandungan lemak trans tinggi,” papar Dedy.

Lemak trans bisa meningkatkan kolesterol jahat atau LDL yang memicu penyakit jantung, salah satu penyebab utama kematian pada pria dan wanita, serta terkait dengan risiko tinggi terhadap diabetes tipe 2.

Lebih lanjut, minyak kelapa sawit memang disarankan untuk proses memasak dengan digoreng karena tidak ada ikatan rangkap.

“Justru minyak yang ada ikatan rangkap tidak boleh untuk menggoreng. Semakin banyak ikatan rangkapnya pada saat dipanaskan akan mudah menjadi lemak trans,” kata Dedy. (nat)


Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.

Must Read

Kiat Hadapi “Mom Shaming” Menurut Psikolog

Hello.id, Jakarta - Psikolog Dessy Ilsanty menuturkan banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi mom shaming atau perundungan verbal yang diarahkan pada...

Ini Hal yang Sering Dilupakan Ibu Hamil saat akan Melahirkan

Hello.id, Jakarta - Kebanyakan ibu hamil yang akan melahirkan sering lupa melakukan hal-hal yang ternyata penting untuk kelancaran proses kelahiran sang bayi.

Cara Benar Pendidikan Seksual kepada Anak

Hello.id, Jakarta - Pendidikan seksual penting diajarkan sejak dini agar anak memiliki masa depan yang benar, dan tidak tumbuh dengan penyimpangan seksual.

Christian Sugiono Sediakan Wastafel Ramah Anak

Hello.id, Jakarta - Selebritas Christian Sugiono memiliki cara tersendiri menanamkan kebiasaan mencuci tangan pada anak, salah satunya menyediakan wastafel yang ramah anak.

Rahasia Pernikahan Awet Victoria-David Beckham

Hello.id, Jakarta - Sudah dua dekade sejak Victoria Beckham dan David Beckham menikah. Desainer berusia 45 tahun itu mengungkapkan rahasia pernikahan mereka.

Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.