Home JAWA & BALI Jawa Barat Pemkab Garut Ajukan APBD Rp4,9 Triliun Tahun 2020

Pemkab Garut Ajukan APBD Rp4,9 Triliun Tahun 2020

Hello.id, Garut – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat, telah mengajukan rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Garut kepada Pemerintah Pusat sebesar Rp4,9 triliun untuk tahun 2020, pengajuan tersebut sama seperti tahun 2019 tidak ada perubahan.

“Diajukan Rp4,9 triliun sama dengan APBD tahun ini,” kata Bupati Garut Rudy Gunawan kepada wartawan di Garut, Senin.

Ia menuturkan, Pemkab Garut telah melakukan persiapan untuk kebutuhan anggaran tahun 2020 ke Pemerintah Pusat termasuk untuk Dana Alokasi Khusus dan Dana Alokasi Umum (DAU).

Pemkab Garut, kata dia, tidak hanya mendapatkan kiriman anggaran dari pemerintah pusat, tetapi ada alokasi dana kiriman dari pemerintah provinsi atau disebut bantuan provinsi.

Sementara sumber dana lainnya, kata dia, dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Garut sebesar Rp500-an miliar setiap tahunnya.

“Itu (PAD) sudah termasuk PAD dengan pendapatan dari rumah sakit,” katanya.

Ia menambahkan, saat ini APBD Garut hingga Oktober 2019 baru terserap sebesar 60 persen, masih ada waktu selama dua bulan untuk memanfaatkan sisa anggaran tersebut.

“Anggaran kita baru 60 persen,” katanya.

Menurut dia, jelang akhir tahun jajarannya optimistis bisa memanfaatkan anggaran karena saat ini masih banyak proyek yang berjalan membutuhkan anggaran.

“Tahun ini tinggal beberapa bulan lagi, sedang kita kebut pengerjaan proyeknya,” kata bupati. (frp)


Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.

Must Read

Kiat Hadapi “Mom Shaming” Menurut Psikolog

Hello.id, Jakarta - Psikolog Dessy Ilsanty menuturkan banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi mom shaming atau perundungan verbal yang diarahkan pada...

Ini Hal yang Sering Dilupakan Ibu Hamil saat akan Melahirkan

Hello.id, Jakarta - Kebanyakan ibu hamil yang akan melahirkan sering lupa melakukan hal-hal yang ternyata penting untuk kelancaran proses kelahiran sang bayi.

Cara Benar Pendidikan Seksual kepada Anak

Hello.id, Jakarta - Pendidikan seksual penting diajarkan sejak dini agar anak memiliki masa depan yang benar, dan tidak tumbuh dengan penyimpangan seksual.

Christian Sugiono Sediakan Wastafel Ramah Anak

Hello.id, Jakarta - Selebritas Christian Sugiono memiliki cara tersendiri menanamkan kebiasaan mencuci tangan pada anak, salah satunya menyediakan wastafel yang ramah anak.

Rahasia Pernikahan Awet Victoria-David Beckham

Hello.id, Jakarta - Sudah dua dekade sejak Victoria Beckham dan David Beckham menikah. Desainer berusia 45 tahun itu mengungkapkan rahasia pernikahan mereka.

Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.