Home MEGAPOLITAN Bogor Menlu Sebut Kunjungan PM Belanda Merupakan "Congratulation Visit"

Menlu Sebut Kunjungan PM Belanda Merupakan “Congratulation Visit”

Hello.id, Bogor – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan kunjungan PM Belanda Mark Rutte ke Indonesia pada Senin ini untuk menyampaikan ucapan selamat atas terlaksananya pemilu dan terpilih kembalinya Presiden Jokowi yang akan dilantik pada 20 Oktober 2019.

“Tujuan kunjungan tentunya untuk bilateral. Beliau ingin mengkhususkan kunjungan kali ini sebagai congratulation visit,” kata Menlu Retno Marsudi di Istana Bogor, Senin.

Retno menyebutkan PM Mark Rutte melakukan kunjungan resmi ke Indonesia kali ini yang pertama. Sebelumnya, pernah berkunjung ke Indonesia pada tahun 2013 dan 2016.

“Intinya sesuai dengan apa yang memang pernah dibahas dengan beliau, beliau berkeinginan mengunjungi Indonesia setiap 3 tahun sekali. Dan janji itu dipenuhi,” jelas Menlu.

Presiden Jokowi, kata Retno, mengatakan bahwa Belanda merupakan salah satu mitra penting Indonesia di Eropa.

“Ini bisa langsung dilihat dari angka, misal angka perdagangan. Belanda merupakan mitra kedua terbesar perdagangan kita di Eropa, data tahun 2018, volumenya lebih dari 5 miliar dolar AS, kalau diurut dari semua negara di dunia, Belanda adalah nomor 15,” katanya.

Angka investasi Belanda juga menduduki peringkat pertama di Eropa dengan jumlah hampir satu miliar dolar AS pada tahun 2018.

Di sektor pariwisata, Belanda menjadi penyumbang wisatawan asing nomor empat terbesar dengan angka lebih atau hampir 210.000 wisatawan yang datang ke Indonesia dari negara itu.

“Selain itu, bicara masalah investasi, ada beberapa prioritas atau beberapa fokus yang dikerjasamakan dengan Belanda, misal mengenai water management, bidang infrastruktur kemaritiman, dan mengenai vokasi,” katanya.

Menurut Retno, inti pembicaraan Presiden Jokowi dengan PM Belanda ada dua, pertama upaya penguatan kerja sama ekonomi dan fokus Presiden Jokowi untuk 5 tahun ke depan.

“Presiden Jokowi tadi menjelaskan mengenai 5 tahun ke depan, beliau akan memfokuskan pada penguatan sumber daya manusia. Oleh karena itu, pendidikan vokasi menjadi sangat penting,” katanya.

Ia menyebutkan dua bidang vokasi yang dipandang penting adalah bidang kemartiman dan bidang keperawatan.

“Dua hal itu yang dibahas dalam upaya human development capital. Itu yang kita bahas dengan PM Belanda,” jelas Menlu. (ags)


Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.

Must Read

Kiat Hadapi “Mom Shaming” Menurut Psikolog

Hello.id, Jakarta - Psikolog Dessy Ilsanty menuturkan banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi mom shaming atau perundungan verbal yang diarahkan pada...

Ini Hal yang Sering Dilupakan Ibu Hamil saat akan Melahirkan

Hello.id, Jakarta - Kebanyakan ibu hamil yang akan melahirkan sering lupa melakukan hal-hal yang ternyata penting untuk kelancaran proses kelahiran sang bayi.

Cara Benar Pendidikan Seksual kepada Anak

Hello.id, Jakarta - Pendidikan seksual penting diajarkan sejak dini agar anak memiliki masa depan yang benar, dan tidak tumbuh dengan penyimpangan seksual.

Christian Sugiono Sediakan Wastafel Ramah Anak

Hello.id, Jakarta - Selebritas Christian Sugiono memiliki cara tersendiri menanamkan kebiasaan mencuci tangan pada anak, salah satunya menyediakan wastafel yang ramah anak.

Rahasia Pernikahan Awet Victoria-David Beckham

Hello.id, Jakarta - Sudah dua dekade sejak Victoria Beckham dan David Beckham menikah. Desainer berusia 45 tahun itu mengungkapkan rahasia pernikahan mereka.

Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.