Home EKONOMI & BISNIS Sektor Riil Mendag: Antisipasi Resesi Global dengan Perkuat Pasar Lokal

Mendag: Antisipasi Resesi Global dengan Perkuat Pasar Lokal

Hello.id, Jakarta – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyampaikan bahwa salah satu cara dalam mengantisipasi kemungkinan terjadinya resesi global yakni memperkuat pasar lokal.

“Cintailah dan pakailah produk dalam negeri. Jadi, domestiknya dulu kita kuatkan,” kata Mendag ditemui usai menyaksikan penandatanganan kerja sama antara Sarinah dan empat e-Commerce untuk pemasaran secara online di Jakarta, Minggu (6/10/2019)

Menurut Enggar, penting dalam menjaga daya beli masyarakat dalam mengantisipasi resesi global, mengingat pasar ekspor diperkirakan akan mengalami gangguan.

Di saat bersamaan, lanjut Enggar, yang tidak kalah penting adalah menjaga angka inflasi agar tetap terkendali.

“Kalau pertumbuhan ekonomi tinggi namun inflasinya juga tinggi, maka tidak ada artinya. Inflasi kita tekan dan daya beli masyarakat juga kita dorong,” tukas Enggar.

Untuk itu, Enggar menuturkan bahwa pemerintah telah menggelar rapat koordinasi persiapan dalam ketersediaan bahan pokok untuk menghadapi akhir tahun, sehingga harga bahan pokok tidak mengalami lonjakan.

“Sebab kalau harga pangan tinggi dan berkontribusi terhadap inflasi, maka daya beli masyarakat akan turun, sehingga konsumsi juga akan turun. Dan perrtumbuhan ekonomi akan terganggu,” ujar Enggar.

Selain itu, politisi Partai Nasional Demokrat ini juga menyampaikan pentingnya mencari pasar tujuan ekspor baru, sehingga kinerja ekspor tetap dapat terjaga.

“Di Afrika krisis, Italia krisis, Turki juga demikian, tapi mereka tetap membutuhkan barang. Sehingga kita tetap harus datangi. Saya katakan kepada teman-teman, setiap sen setiap dolar kemanapun kita kejar. Karena kita butuh devisa,” pungkas Enggar. (spg)


Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.

Must Read

Kiat Hadapi “Mom Shaming” Menurut Psikolog

Hello.id, Jakarta - Psikolog Dessy Ilsanty menuturkan banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi mom shaming atau perundungan verbal yang diarahkan pada...

Ini Hal yang Sering Dilupakan Ibu Hamil saat akan Melahirkan

Hello.id, Jakarta - Kebanyakan ibu hamil yang akan melahirkan sering lupa melakukan hal-hal yang ternyata penting untuk kelancaran proses kelahiran sang bayi.

Cara Benar Pendidikan Seksual kepada Anak

Hello.id, Jakarta - Pendidikan seksual penting diajarkan sejak dini agar anak memiliki masa depan yang benar, dan tidak tumbuh dengan penyimpangan seksual.

Christian Sugiono Sediakan Wastafel Ramah Anak

Hello.id, Jakarta - Selebritas Christian Sugiono memiliki cara tersendiri menanamkan kebiasaan mencuci tangan pada anak, salah satunya menyediakan wastafel yang ramah anak.

Rahasia Pernikahan Awet Victoria-David Beckham

Hello.id, Jakarta - Sudah dua dekade sejak Victoria Beckham dan David Beckham menikah. Desainer berusia 45 tahun itu mengungkapkan rahasia pernikahan mereka.

Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.