Home EKONOMI & BISNIS Sektor Riil Pinsar Khawatirkan Kenaikan Harga Ayam Bersifat Sementara

Pinsar Khawatirkan Kenaikan Harga Ayam Bersifat Sementara

Hello.id, Solo – Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat (Pinsar) Indonesia mengkhawatirkan kenaikan harga ayam saat ini hanya bersifat sementara sehingga tidak memberikan kepastian kepada peternak.

“Memang dibandingkan minggu lalu ada kenaikan sedikit, tetapi masih di bawah HPP (harga pokok produksi, red),” kata Ketua Pinsar Indonesia Jawa Tengah Parjuni di Solo, Senin (9/9/2019).

Ia mengatakan untuk saat ini harga ayam lepas kandang di kisaran Rp13.500/kg. Harga ini masih jauh di bawah HPP yaitu Rp17.500-18.500/kg.

“Kalau minggu lalu harganya di kisaran Rp10.000-11.000/kg. Jadi memang ada sedikit kenaikan, tetapi tetap saja kami masih rugi,” katanya.

Terkait hal itu, ia berharap agar kenaikan harga kali ini bukan bersifat sementara karena sejauh ini sudah banyak peternak yang gulung tikar akibat harga ayam hidup sejak awal tahun ini terus merosot.

“Jangan hanya jadi harapan palsu, jangan sekadar omongan. Kebutuhan pasar dengan suplai sangat tidak seimbang, ini yang bikin khawatir peternak,” katanya.

Sementara itu, naik turunnya harga ini tidak membuat peternak lantas menahan untuk melepas produksinya di pasaran mengingat keterbatasan usia panen ayam.

“Maksimal 30-35 hari itu sudah panen. Kalau di Soloraya usia di atas 35 hari saja beratnya sudah lebih dari 2 kg,” katanya.

Sebelumnya, salah satu peternak Surono mengaku kebingungan menjual ayam produksinya karena harga jauh di bawah HPP.

“Untuk perkilogramnya kami rugi Rp5.000-6.000/kg,” katanya.1 (aws)


Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.

Must Read

Soal Pasal Penghinaan Pengadilan RKUHP, MA : Hakim Perlu Dilindungi

Hello.id, Jakarta - Mahkamah Agung menilai pasal penghinaan terhadap pengadilan dalam draf RUU KUHP diperlukan karena hakim perlu dilindungi dalam proses penegakan...

Imam Nahrawi Tersangka, Presiden Jokowi Segera Putuskan Pengganti

Hello.id, Jakarta - Presiden Joko Widodo segera memutuskan pengganti Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi yang sudah menyerahkan surat pengunduran diri.

KPK Duga Uang Suap Imam Nahrawi Mengalir ke Pihak Lain

Hello.id, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga uang suap yang diterima oleh mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi juga...

Presiden Jokowi Harap Kementerian/Lembaga Yang Belum WTP Perbaiki Diri

Hello.id, jakarta - Presiden Joko Widodo berharap agar kementerian, lembaga maupun pemerintah daerah yang belum mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)...

Makin Banyak Laporan Keuangan Pemerintah Pusat-Daerah Raih WTP

Hello.id, Jakarta - Badan Pemeriksan Keuangan (BPK) mengatakan makin banyak laporan keuangan pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang meraih opini Wajar...

Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.