Home HEALTH & SEX Relationship Kurang Bisa Berempati, Salah Satu Ciri Pelaku Perundungan

Kurang Bisa Berempati, Salah Satu Ciri Pelaku Perundungan

Hello.id, Jakarta – Kurang rasa empati adalah salah satu ciri anak yang berisiko menjadi pelaku perundungan, psikolog RS Pondok Indah – Bintaro Jaya, Jane Cindy Linardi, M.Psi, CGA.

“Dia tidak bisa mengerti perasaan orang lain, kurang bisa berempati,” ujar dia diskusi media di Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Untuk menumbuhkan rasa empati anak, menurut Jane, orang tua bisa mengajarkan misalnya perilaku antre saat berada toilet umum atau berempati pada asisten rumah tangga yang sedang sakit sehingga tak mampu mengerjakan tugasnya seperti biasa.

Regulasi emosi yang kurang, selalu ingin berkuasa, ingin mendominasi dan perilaku agresif juga menjadi ciri pelaku perundungan.

“Ajari anak menahan (buang air) dan harus antre. Lalu di rumah bisa juga diajari berempati pada ART. Kasih penjelasan ke anak kalau tugasnya bisa kita siapkan dulu karena ART sakit,” kata Jane.

Selain kurang berempati, regulasi emosi yang kurang, selalu ingin berkuasa, ingin mendominasi dan perilaku agresif juga menjadi ciri pelaku perundungan.

Mereka juga terbiasa atau terpapar kekerasan, misalnya dari orang tua yang memukul, menampar, meninju atau kekerasan verbal seperti komunikasi kasar, penuh makian kepada anak.

“Bisa juga karena situasi rumah penuh agresi, konflik dan permusuhan antara ayah-ibu, maupun orang tua-anak; KDRT yang terjadi dalam keluarga,” kata dia.

Agar karakter negatif ini tak muncul, Jane menyarankan orang tua menerapkan pola asuh yang tidak melibatkan kekerasan, namun tetap tegas, mengekspresikan kasih sayang dan penerimaan pada anak.

Selain itu, jalin komunikasi terbuka, luangkan waktu rutin untuk sesi berbagi cerita misalnya seminggu sekali.

“Sesi sharing setiap minggu. Semua anggota keluarga bercerita pengalaman seminggu terakhir, agar anak merasa komunikasi dinkeluarga terbuka. Topiknya bisa berganti-ganti,” kata Jane. (lws)


Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.

Must Read

RADIKAL VS RADIKAL

KATA-kata kotor, caci maki dan bullian itu bagian dari bentuk radikalisme verbal. Kendati itu diucapkan pada saat khutbah, ceramah, debat televisi, rapat...

TikTok Uji Aplikasi Streaming Musiknya Sendiri, Resso

Hello.id, Jakarta - Perusahaan induk aplikasi TikTok, ByteDance, berencana untuk memperluas usaha ke layanan aplikasi musik streaming yang diberi nama Resso.

12 Langkah Jitu Dapatkan Harga Terbaik Harbolnas

Hello.id, Jakarta - Hari Belanja Nasional (Harbolnas) 12.12 hari ini merupakan kesempatan langka bagi konsumen untuk mendapatkan produk-produk yang dibutuhkan dengan...

Tetap Sehat Kala Musim Hujan, Simak Kiat Ini

Hello.id, Jakarta - Ketika peralihan musim menjelang musim hujan, sistem kekebalan tubuh bisa menjadi lebih lemah sehingga tubuh rentan terserang penyakit. Beberapa...

Berapa Kebutuhan Zat Besi Harian Anda?

Hello.id, Jakarta - Kebutuhan zat besi disesuaikan dengan usia seseorang dan biasanya semakin bertambah seiring pertambahan usia. Mengutip Healthline,...

Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.