Home HEALTH & SEX Health Ibu Hamil Hati-Hati Konsumsi Obat Jerawat agar Bayi Tidak Cacat

Ibu Hamil Hati-Hati Konsumsi Obat Jerawat agar Bayi Tidak Cacat

Hello.id, Jakarta – Konsumsi obat-obatan secara berlebihan termasuk obat jerawat bisa berbahaya bagi ibu hamil, salah satunya menyebabkan bayi terlahir sumbing, menurut dokter spesialis anak dari RSCM, Dr dr Murti Andriastuti, SpA(K).

“Obat diserap lewat pembuluh darah, jadi harus diperhatikan obat-obat yang memang termasuk teratogenik, dapat menyebabkan kecacatan janin,” ujar dia dalam acara yang diselenggarakan Cleft Craniofacial Center (CCC) RSCM di Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Untuk itu, Murti menyarankan ibu hamil berhati-hati ketika minum obat, termasuk obat bebas yang dijual di warung atau apotek dan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter jika penggunaannya berkelanjutan.

“Obat warung bisa dikonsumsi siapa saja tetapi kalau untuk ibu hamil harus lebih memperhatikan. Kalau satu dua kali tidak apa-apa. Tetapi kalau berkelanjutan dan memerlukan pengobatan terus menerus, harus dikonsultasikan ke dokter,” kata dia.

Bibir sumbing ialah kelainan berupa celah pada bagian tubuh yang normalnya tertutup. Kondisi ini terjadi akibat gagalnya penyatuan bibir pada masa perkembangan janin yakni minggu ke empat hingga ke enam.

Selain menghindari paparan berlebihan pada obat teratogenik, para ibu hamil juga sebaiknya berhenti merokok dan meminum minuman beralkohol.

Mereka perlu asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang seperti makanan mengandung asam folat dan menerapkan pola hidup sehat selama kehamilan agar bayi tidak terlahir sumbing. (lws)


Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.

Must Read

Meghan Markle-Pangeran Harry Tak Rayakan Natal Bersama Kerajaan

Hello.id, Jakarta - Juru bicara Pangeran Harry dan Meghan Markle telah mengonfirmasi pasangan itu tidak akan merayakan Natal di Sandringham pada...

IU Gelar Konser Penutup Tahun di Jakarta

Hello.id, Jakarta - Penyanyi asal Korea Selatan IU akan menggelar konser perdana bertajuk "Love Poem" di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Selatan, selama...

Day6 Ingin Bertemu Lebih Banyak Penggemar di Indonesia

Hello.id, Jakarta - Grup band asal Korea Selatan, Day6 untuk kali kedua akan menggelar konser solo kedua bertajuk "Gravity" pada 30...

Christian Sugiono Puji Cara Kerja Rizal Mantovani

Hello.id, Jakarta - Christian Sugiono memuji cara kerja Rizal Mantovani yang menjadi sutradara film horor "Rumah Kentang: The Beginning".

Cerita Luna Maya soal Adegan Muntahkan Kentang

Hello.id, Jakarta - Aktris Luna Maya bercerita mengenai adegan memuntahkan kentang yang dilakukannya pada salah satu adegan di film "Rumah Kentang...

Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.