Home HEALTH & SEX Health Tak Semua Suplemen Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh

Tak Semua Suplemen Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh

Hello.id, Jakarta – Tak semua suplemen aman Anda konsumsi. Para peneliti mengingatkan, konsumsi suplemen mengandung kalsium dan vitamin D bisa berbahaya untuk tubuh, salah satunya meningkatkan risiko stroke.

Untuk sampai pada kesimpulan ini, seperti dilansir Medical Daily, Selasa (9/7/2019), peneliti dari West Virginia University School of Medicine menganalisis data dari 277 uji coba yang mengeksplorasi efek berbagai suplemen gizi dan diet. Analisis ini juga mencakup tingkat kematian dan prevalensi penyakit kardiovaskular.

Analisis yang dipublikasikan dalam jurnal Annals of Internal Medicine itu menunjukkan, hanya asam folat dan omega-3 yang efektif untuk meningkatkan kesehatan.

Konsumsi suplemen mengandung kalsium, vitamin D, multivitamin, zat besi, beta-karoten, dan antioksidan tidak berpengaruh pada mortalitas atau hasil kardiovaskular.

Konsumsi asam folat berhubungan dengan rendahnya risiko terkena stroke, sementara omega-3 bisa mengurangi kemungkinan serangan jantung dan penyakit jantung koroner.

Di sisi lain, konsumsi suplemen mengandung kalsium, vitamin D, multivitamin, zat besi, beta-karoten, dan antioksidan tidak berpengaruh pada mortalitas atau hasil kardiovaskular.

Tim peneliti juga menganalisis tentang kontribusi diet pada kesehatan jantung. Mereka menemukan, konsumsi lebih sedikit garam ternyata efektif mengurangi risiko kematian terkait masalah kardiovaskular.

Jenis diet lain, termasuk diet rendah lemak, diet Mediterania dan asupan minyak ikan yang tinggi, tidak berpengaruh.

“Mengurangi asupan garam dikaitkan dengan meningkatkan kelangsungan hidup secara keseluruhan dan mortalitas kardiovaskular,” kata Khan.

“Dalam berbagai penelitian, asupan garam yang rendah pada dasarnya mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular,” kata Safi Khan, salah satu peneliti studi. (nat)


Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.

Must Read

Daniel Radcliffe Tanggapi Rumor Gantikan Hugh Jackman di Wolverine

Hello.id, Jakarta - Sejak Hugh Jackman mengumumkan akan menggantung cakar adamantium sebagai Wolverine, penggemar berspekulasi tentang siapa yang akan menggantikan peran pahlawan...

Pakar : Mengatasi Obesitas Anak Bukan dengan Kurangi Porsi Makan

Hello.id, Jakarta - Jika Anda ingin mengurangi berat badan anak yang mengalami obesitas bukan dengan mengurangi porsi makannya, melainkan mengganti jenis makanannya,...

PROYEK AMBISIUS MEIKARTA HANCUR SALAH SIAPA?

MEGA proyek Meikarta yang digagas oleh Lippo Group seperti berbalik arah, dari gegap gempita hingga akhirnya berujung pada bergugurannya saham-saham di bawah...

Trailer Film “Cats” yang Dibintangi Taylor Swift Dirilis

Hello.id, Jakarta - Trailer "Cats" yang diadaptasi dari teater musikal dengan judul sama, dirilis pada Kamis, dan impresi pertama dari cuplikan film...

Tom Cruise Bikin Penggemar Girang dengan Trailer “Top Gun : Maverick”

Hello.id, Jakarta - "Top Gun" kembali mengguncang pada Kamis (18/7/2019) ketika Tom Cruise tampil secara mengejutkan di acara Comic-Con untuk memperlihat trailer...

Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.