Home HEALTH & SEX Health Matcha Bisa Bantu Atasi Cemas, Kata Studi

Matcha Bisa Bantu Atasi Cemas, Kata Studi

Hello.id, Jakarta – Matcha, yang berasal daun Camellia sinensis dan dikenal masyarakat Jepang sejak lama memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, salah satunya membantu orang merasa rileks.

Dalam sebuah studi yang dipimpin Dr Yuki Kurauchi dari Kumamoto University, peneliti menguji efek matcha pada tikus yang cemas. Menurut mereka, tikus yang cemas akan lebih banyak menghabiskan waktu berada di daerah aman.

Hasilnya, tikus yang mengonsumsi bubuk atau ekstrak matcha berkurang kecemasannya. Analisis farmakologis perilaku mengungkapkan, hal ini terjadi karena ekstrak matcha mengaktifkan reseptor dopamin D1 dan serotonin 5-HT1A.

Bubuk matcha memiliki kadar ECGC tiga kali lebih banyak dari teh hijau seduh biasa, senyawa ECGC banyak terdapat pada daunnya.

tcha mengaktifkan reseptor dopamin D1 dan serotonin 5-HT1A.

“Meskipun penelitian epidemiologis lebih lanjut diperlukan, hasil penelitian kami menunjukkan Matcha, yang telah digunakan sebagai obat selama bertahun-tahun, mungkin cukup bermanfaat bagi tubuh manusia,” kata Kurauchi.

Dia berharap penelitian ini bisa bermanfaat untuk kesehatan masyarakat di seluruh dunia. (lws)


Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.

Must Read

Imam Nahrawi Tersangka, Presiden Jokowi Segera Putuskan Pengganti

Hello.id, Jakarta - Presiden Joko Widodo segera memutuskan pengganti Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi yang sudah menyerahkan surat pengunduran diri.

KPK Duga Uang Suap Imam Nahrawi Mengalir ke Pihak Lain

Hello.id, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga uang suap yang diterima oleh mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi juga...

Presiden Jokowi Harap Kementerian/Lembaga Yang Belum WTP Perbaiki Diri

Hello.id, jakarta - Presiden Joko Widodo berharap agar kementerian, lembaga maupun pemerintah daerah yang belum mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)...

Makin Banyak Laporan Keuangan Pemerintah Pusat-Daerah Raih WTP

Hello.id, Jakarta - Badan Pemeriksan Keuangan (BPK) mengatakan makin banyak laporan keuangan pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang meraih opini Wajar...

Rain dan Kim Tae-hee Sambut Kelahiran Anak Kedua

Hello.id, Jakarta - Aktris Kim Tae-hee dan penyanyi Rain, salah satu pasangan ternama Korea Selatan, menyambut kelahiran putri kedua mereka, Kamis (19/9/2019),...

Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.