Home HEALTH & SEX Relationship Hal yang Perlu Diperhatikan saat Anak Belajar di Usia Dini

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Anak Belajar di Usia Dini

Hello.id, Jakarta – Memberikan pendidikan pada anak usia dini (paud) perlu memperhatikan sejumlah aspek, menurut pemerhati pendidikan anak usia dini, Dr Andyda Meliala.

Dia yang juga founder Resourceful Parenting Indonesia itu mengatakan pengembangan fisik motorik, emosi sosial, bahasa dan pre-matematika, fungsi eksekutif otak dan moral spiritual adalah hal yang dimaksud.

“Fungsi eksekutif otak misalnya, intinya pengendalian diri, working memory dan fleksibilitas mental. Pengendalian diri misalnya mau antri, disiplin. Lalu memori kerja untuk menjalankan tugas. Anak dibantu mengembangkan working memory,” kata Andyda.

Orang tua perlu ingat cara belajar anak usia dini berbeda dengan anak yang usianya lebih besar.

Sementara fleksibilitas mental untuk membangun kreativitas, membantu anak beradaptasi sehingga dia merasa nyaman dengan berbagai perubahan.

Andyda menuturkan, pendidikan anak usia dini pondasi belajar anak, untuk menyiapkan anak ke jenjang pendidikan berikutnya (sekolah dasar), sekaligus pondasi kesehatan anak melalui pendidikan pola makan sehat dan seimbang.

“Pola makan sehat dan seimbang, kebiasaan dibangun di usia dini,” tutur dia.

Andyda menambahkan, orang tua perlu ingat cara belajar anak usia dini berbeda dengan anak yang usianya lebih besar.

Mereka cenderung bermain untuk belajar sehingga menciptakan suasana belajar yang menyenangkan menjadi poin penting. (lws)


Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.

Must Read

Teh Chamomile Efektif Bantu Tidur, Benarkah?

Hello.id, Jakarta - Teh chamomile diklaim sejumlah pihak dapat membantu seseorang untuk dapat tidur malam dengan cepat jika diminum jelang waktu istirahat.

Lima Manfaat Selada Romaine, Lawan Kanker Hingga Lindungi Tulang

Hello.id, Jakarta - Lactuca sativa atau yang dikenal dengan selada romaine, sering dijumpai dalam berbagai hidangan salad. Meski tidak tergolong sebagai super...

Keanu Reeves dan Carrie Anne-Moss Bintangi Film “Matrix 4”

Hello.id, Jakarta - Keanu Reeves dan Carrie Anne-Moss dipastikan kembali membintangi film "Matrix 4", disutradarai Lana Wachowski yang juga membuat tiga film...

Menkes Datangi KPK Bicarakan E-Katalog Pengadaan Obat-Alat Kesehatan

Adilmakmur.co.id, Jakarta- Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mendatangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Rabu (21/8/2019) untuk membicarakan soal e-katalog pengadaan...

Kemendagri Pastikan Jatim Tuan Rumah Pertemuan Selesaikan Soal Papua

Hello.id, Surabaya - Kementerian Dalam Negeri memastikan Jawa Timur menjadi tuan rumah pertemuan dan silaturahim membahas penyelesaian tentang persoalan di Papua serta...

Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.