Home HEALTH & SEX Relationship Bekal Makanan, Salah Satu Kunci agar Anak Semangat Sekolah

Bekal Makanan, Salah Satu Kunci agar Anak Semangat Sekolah

Hello.id, Jakarta – Menyiapkan bekal makanan bersama anak bisa menjadi cara jitu agar mereka semangat sekolah, menurut pemerhati pendidikan anak usia dini, Dr Andyda Meliala.

Cobalah berdiskusi bersama anak tentang menu khusus yang dia sukai, libatkan dia dalam mempersiapkan menu itu dan jadikan kegiatan ini menyenangkan.

“Gunakan peralatan makan yang berwarna-warni, siapkan bekal bersama,” ujar Andyda di Jakarta, Kamis (4/7/2019).

Orang tua harus membatasi anak mengonsumsi makanan atau minuman manis dan tinggi garam serta makanan tinggi lemak.

Dalam kesempatan itu, dokter spesialis gizi klinis, dr Nurul Ratna Mutu Manikam, MGizi, SpGK menekankan pentingnya kecukupan nutrisi dalam makanan anak, yakni makronutrient seperti karbohidrat, protein dan lemak dan mikronutrient seperti zat besi dan lainnya.

“Pilih karbohidrat kompleks ketimbang sederhana agar mereka merasa kenyang. Jangan lupakan serat (22 gram per hari), protein, lemak, asam omega 3 dan 6, lalu zat besi 9mg per hari sebagai mikronutrien,” kata dia.

Anak -anak terutama usia 3-6 tahun gemar bermain dan sangat aktif bergerak sehingga membutuhkan asupan cairan 1200 ml cairan setiap hari.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, orang tua dapat memberikan air mineral, jus buah dan susu yang sudah difortikasi dengan Omega 3 (EPA+DHA).

Dia mencontohkan, dalam sekali makan, anak memerlukan 3/4 porsi nasi atau setara 4-5 sendok makan, 1 porsi lauk misalnya 3/4-1 potong sedang daging, 1/2 mangkuk kecil sayur, 1/2 porsi buah, ditambah susu yang sudah difortifikasi untuk melengkapi bekal nutrisi pada pagi dan malam hari.

Nurul mengingatkan orang tua membatasi anak mengonsumsi makanan atau minuman manis dan tinggi garam serta makanan tinggi lemak.

“Jangan lewatkan waktu makan, bekali dengan makanan yang bernutrisi dan perkenalkan makanan bervariasi,” tutur dia.

Selain bekal makanan, memastikan waktu tidur anak cukup (10-13 jam per hari) juga menjadi hal penting agar mereka tak rewel atau justru malas ke sekolah. (fik)


Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.

Must Read

Teh Chamomile Efektif Bantu Tidur, Benarkah?

Hello.id, Jakarta - Teh chamomile diklaim sejumlah pihak dapat membantu seseorang untuk dapat tidur malam dengan cepat jika diminum jelang waktu istirahat.

Lima Manfaat Selada Romaine, Lawan Kanker Hingga Lindungi Tulang

Hello.id, Jakarta - Lactuca sativa atau yang dikenal dengan selada romaine, sering dijumpai dalam berbagai hidangan salad. Meski tidak tergolong sebagai super...

Keanu Reeves dan Carrie Anne-Moss Bintangi Film “Matrix 4”

Hello.id, Jakarta - Keanu Reeves dan Carrie Anne-Moss dipastikan kembali membintangi film "Matrix 4", disutradarai Lana Wachowski yang juga membuat tiga film...

Menkes Datangi KPK Bicarakan E-Katalog Pengadaan Obat-Alat Kesehatan

Adilmakmur.co.id, Jakarta- Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mendatangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Rabu (21/8/2019) untuk membicarakan soal e-katalog pengadaan...

Kemendagri Pastikan Jatim Tuan Rumah Pertemuan Selesaikan Soal Papua

Hello.id, Surabaya - Kementerian Dalam Negeri memastikan Jawa Timur menjadi tuan rumah pertemuan dan silaturahim membahas penyelesaian tentang persoalan di Papua serta...

Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.