Home LIFESTYLE Beauty Sering Salah, Begini Cara Hitung Masa Kedaluwarsa Produk Kecantikan

Sering Salah, Begini Cara Hitung Masa Kedaluwarsa Produk Kecantikan

Hello.id, Jakarta – Banyak orang yang tidak sadar jika produk kecantikan juga memiliki tanggal kedaluwarsa dan menurut pakar, masa berlakunya dihitung sejak kemasan dibuka.

Hal tersebut disampaikan oleh makeup artist profesional, Philip Kwok. Menurutnya, banyak orang salah sangka perihal masalah ini dengan hanya terpaku pada tanggal yang tertulis pada produk saja.

“Jangan hanya terpaku dengan tulisan expired itu, karena kadang hal itu dibuat ketika produk didaftarkan. Expired yang sebenarnya itu, pas kita buka tutupnya,” kata Philip dalam peluncuran “The One Colour Stylist Ultimate Lipstick Oriflame” di Jakarta, Rabu (26/6/2019).

Pemakaian make up mata yang sudah kedaluwarsa seperti eyeshadow, maskara, eyeliner, lipstik bisa mengakibatkan infeksi bakteri yang membuat mata menjadi gatal.

“Misalnya lipstik, kan kalau kita mau pakai, kita buka tutupnya dulu. Nah, ketika kita buka tutup lipstik itu, di situlah masa expired-nya berlaku,” lanjut Philip.

Menurutnya, produk kecantikan biasanya tidak akan bertahan lama ketika sudah dibuka. Makanya, setiap orang perlu memberi label pada produk mereka agar tidak lupa kapan pertama kali dibuka.

“Lipstik itu kalau udah dibuka paling lama bertahannya cuma 12 bulan, maskara enam bulanan. Yang paling lama itu yang kayak powder gitu. Biasanya di kemasan ada gambar yang kayak produk dibuka terus keterangannya berapa bulan,” jelasnya.

Philip juga menyarankan untuk lebih berhati-hati dalam membeli produk kosmetik atau kecantikan, khususnya melalui penjualan online.

“Saran sih kalau mau beli kosmetik mending langsung, jangan online. Karena kita enggak tahu kan itu kedaluwarsanya kapan. Efeknya tuh bisa jamuran, gatel dan bahaya,” ujar Philip. (nat)


Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.

Must Read

Daniel Radcliffe Tanggapi Rumor Gantikan Hugh Jackman di Wolverine

Hello.id, Jakarta - Sejak Hugh Jackman mengumumkan akan menggantung cakar adamantium sebagai Wolverine, penggemar berspekulasi tentang siapa yang akan menggantikan peran pahlawan...

Pakar : Mengatasi Obesitas Anak Bukan dengan Kurangi Porsi Makan

Hello.id, Jakarta - Jika Anda ingin mengurangi berat badan anak yang mengalami obesitas bukan dengan mengurangi porsi makannya, melainkan mengganti jenis makanannya,...

PROYEK AMBISIUS MEIKARTA HANCUR SALAH SIAPA?

MEGA proyek Meikarta yang digagas oleh Lippo Group seperti berbalik arah, dari gegap gempita hingga akhirnya berujung pada bergugurannya saham-saham di bawah...

Trailer Film “Cats” yang Dibintangi Taylor Swift Dirilis

Hello.id, Jakarta - Trailer "Cats" yang diadaptasi dari teater musikal dengan judul sama, dirilis pada Kamis, dan impresi pertama dari cuplikan film...

Tom Cruise Bikin Penggemar Girang dengan Trailer “Top Gun : Maverick”

Hello.id, Jakarta - "Top Gun" kembali mengguncang pada Kamis (18/7/2019) ketika Tom Cruise tampil secara mengejutkan di acara Comic-Con untuk memperlihat trailer...

Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.