Home POLKAM Politik Pengamat Politik : Gaya Komunikasi Politik Milenial Itu Kreatif

Pengamat Politik : Gaya Komunikasi Politik Milenial Itu Kreatif

Hello.id, Jakarta – Di tahun politik saat ini, banyak partai politik dan politisi berlomba untuk menggaet pemilih muda seperti usia 17-35 tahun.

Beberapa cara dipakai partai politik dan politisi, salah satunya yakni media sosial yang banyak menarik kaum milenial, terlebih para politisi milenial saat ini.

Seperti nama politisi PSI Tsamara Amany Alatas. Politisi PAN Faldo Maldini. Dua nama ini cukup gencar menggunakan media sosial sebagai kampanye politik dan gagasan politiknya.

Pengamat politik dari Universitas Indonesia Pelita Harapan Emrus Sihombing menilai gaya komunikasi politik kaum milenial ini seperti Faldo dan Tsamara termasuk gaya komunikasi yang kreatif.

Menurut Emrus, politisi milenial dapat mengombinasikan berbagai lambang komunikasi.

“Lambang komunikasi yang verbal, seperti mereka yang sering kali menggunakan istilah atau kata-kata baru yang kadang-kadang membuat kita terkejut dan tersentak,” kata Emrus.

Kemudian, lambang komunikasi non verbal yang dikatakannya bisa dalam bentuk suara, musik, warna yang membuat berbagai lambang komunikasi itu kreatif.

“Kedua, lambangnya informal, cenderung banyak informal akan tetapi pesan yang disampaikan efektif dan tercapai,” kata dia.

Emrus juga menuturkan jika saat ini komunikasi yang dipakai oleh politisi milenial mudah dipahami walaupun disampaikan secara sederhana. Namun, cara penyampaian disebutnya cukup kreatif.

“Keempat adalah equal tidak feodal, ada kesetaraan antara partisipan komunikasi (kesamaan),” tuturnya.

Selain itu, Embrus mengatakan gaya milenial yang dipakai politisi dari sudut komunikasi harus dapat tersampaikan dan tujuannya tercapai, efektif jadi terkesan bagus. 


Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.

Must Read

Daniel Radcliffe Tanggapi Rumor Gantikan Hugh Jackman di Wolverine

Hello.id, Jakarta - Sejak Hugh Jackman mengumumkan akan menggantung cakar adamantium sebagai Wolverine, penggemar berspekulasi tentang siapa yang akan menggantikan peran pahlawan...

Pakar : Mengatasi Obesitas Anak Bukan dengan Kurangi Porsi Makan

Hello.id, Jakarta - Jika Anda ingin mengurangi berat badan anak yang mengalami obesitas bukan dengan mengurangi porsi makannya, melainkan mengganti jenis makanannya,...

PROYEK AMBISIUS MEIKARTA HANCUR SALAH SIAPA?

MEGA proyek Meikarta yang digagas oleh Lippo Group seperti berbalik arah, dari gegap gempita hingga akhirnya berujung pada bergugurannya saham-saham di bawah...

Trailer Film “Cats” yang Dibintangi Taylor Swift Dirilis

Hello.id, Jakarta - Trailer "Cats" yang diadaptasi dari teater musikal dengan judul sama, dirilis pada Kamis, dan impresi pertama dari cuplikan film...

Tom Cruise Bikin Penggemar Girang dengan Trailer “Top Gun : Maverick”

Hello.id, Jakarta - "Top Gun" kembali mengguncang pada Kamis (18/7/2019) ketika Tom Cruise tampil secara mengejutkan di acara Comic-Con untuk memperlihat trailer...

Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.