Home POLKAM Politik Pengamat Politik : Gaya Komunikasi Politik Milenial Itu Kreatif

Pengamat Politik : Gaya Komunikasi Politik Milenial Itu Kreatif

Hello.id, Jakarta – Di tahun politik saat ini, banyak partai politik dan politisi berlomba untuk menggaet pemilih muda seperti usia 17-35 tahun.

Beberapa cara dipakai partai politik dan politisi, salah satunya yakni media sosial yang banyak menarik kaum milenial, terlebih para politisi milenial saat ini.

Seperti nama politisi PSI Tsamara Amany Alatas. Politisi PAN Faldo Maldini. Dua nama ini cukup gencar menggunakan media sosial sebagai kampanye politik dan gagasan politiknya.

Pengamat politik dari Universitas Indonesia Pelita Harapan Emrus Sihombing menilai gaya komunikasi politik kaum milenial ini seperti Faldo dan Tsamara termasuk gaya komunikasi yang kreatif.

Menurut Emrus, politisi milenial dapat mengombinasikan berbagai lambang komunikasi.

“Lambang komunikasi yang verbal, seperti mereka yang sering kali menggunakan istilah atau kata-kata baru yang kadang-kadang membuat kita terkejut dan tersentak,” kata Emrus.

Kemudian, lambang komunikasi non verbal yang dikatakannya bisa dalam bentuk suara, musik, warna yang membuat berbagai lambang komunikasi itu kreatif.

“Kedua, lambangnya informal, cenderung banyak informal akan tetapi pesan yang disampaikan efektif dan tercapai,” kata dia.

Emrus juga menuturkan jika saat ini komunikasi yang dipakai oleh politisi milenial mudah dipahami walaupun disampaikan secara sederhana. Namun, cara penyampaian disebutnya cukup kreatif.

“Keempat adalah equal tidak feodal, ada kesetaraan antara partisipan komunikasi (kesamaan),” tuturnya.

Selain itu, Embrus mengatakan gaya milenial yang dipakai politisi dari sudut komunikasi harus dapat tersampaikan dan tujuannya tercapai, efektif jadi terkesan bagus. 


Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.

Must Read

Meghan Markle-Pangeran Harry Tak Rayakan Natal Bersama Kerajaan

Hello.id, Jakarta - Juru bicara Pangeran Harry dan Meghan Markle telah mengonfirmasi pasangan itu tidak akan merayakan Natal di Sandringham pada...

IU Gelar Konser Penutup Tahun di Jakarta

Hello.id, Jakarta - Penyanyi asal Korea Selatan IU akan menggelar konser perdana bertajuk "Love Poem" di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Selatan, selama...

Day6 Ingin Bertemu Lebih Banyak Penggemar di Indonesia

Hello.id, Jakarta - Grup band asal Korea Selatan, Day6 untuk kali kedua akan menggelar konser solo kedua bertajuk "Gravity" pada 30...

Christian Sugiono Puji Cara Kerja Rizal Mantovani

Hello.id, Jakarta - Christian Sugiono memuji cara kerja Rizal Mantovani yang menjadi sutradara film horor "Rumah Kentang: The Beginning".

Cerita Luna Maya soal Adegan Muntahkan Kentang

Hello.id, Jakarta - Aktris Luna Maya bercerita mengenai adegan memuntahkan kentang yang dilakukannya pada salah satu adegan di film "Rumah Kentang...

Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.