Home DIGITECH Digital Kominfo Blokir Iklan Rokok di Internet

Kominfo Blokir Iklan Rokok di Internet

Hello.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo) memblokir iklan atau konten rokok pada sejumlah platform media sosial guna menindaklanjuti permintaan Kementerian Kesehatan RI.

“Surat Menteri Kesehatan RI kepada Menteri Kominfo RI No TM.04.01/Menkes/314/2019 perihal Pemblokiran Iklan Rokok di Internet diterima oleh Kemkominfo pada Kamis (13/6/2019) pukul 13.30 WIB,” kata Kominfo dalam keterangan resmi, Kamis (13/6/2019).

Kementerian melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menelusuri konten iklan rokok di dunia maya dan menemukan 114 kanal yang memuat konten tersebut di platform Facebook, Instagram dan YouTube.

Young woman enjoying a cigarette outdoors holding it between her fingers, low angle view against the chest of a warm autumn jacket in a smoking and tobacco concept

Konten-konten tersebut dinilai melanggar Undang-Undang nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan pasal 46 ayat 3 butir c tentang promosi rokok yang memperagakan wujud rokok.

“Saat ini Tim AIS Kemkominfo sedang melakukan proses take down atas akun/konten pada platform-platform di atas,” kata Kominfo.

Tim AIS merupakan tim internal Kominfo untuk mengidentifikasi konten di media sosial yang melanggar aturan di Indonesia, misalnya hoax, pornografi dan ujaran kebencian.

Menurut Plt Kepala Biro Humas Kominfo Ferdinandus Setu, Menkominfo Rudiantara sudah menghubungi Kemenkes dan regulator kesehatan untuk menggelar rapat koordinasi teknis terkait konten yang melanggar aturan di bidang kesehatan. (nat)


Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.

Must Read

Deretan Lagu “Frozen II” yang Bakal Menyihir Anak-Anak

Hello.id, Jakarta - Demam film animasi "Frozen" (2013) tak lepas dari suksesnya soundtrack film tersebut yang mampu menyihir anak-anak di seluruh...

Armada Rilis Tiga Single dalam Satu Hari

Hello.id, Jakarta - Hari ini grup band Armada merilis tiga single sekaligus dalam satu hari dan menyebutnya sebagai Tringle atau triple...

Paul Walker Hadir Lagi di “Fast and Furious 9”

Hello.id, Jakarta - Karakter Brian O'Conner dalam "Fast and Furious" dilaporkan akan hadir kembali untuk seri kesembilan dari waralaba tersebut, setelah...

Alasan Pemilihan Gading Marten sebagai Nagabonar

Hello.id, Jakarta - Aktor Gading Marten dinilai bisa mengembangkan karakter Nagabonar secara menarik dalam film "Nagabonar Reborn", demikian menurut sutradara Dedi Setiadi...

Marshanda Kenang Cecep “Bombom” sebagai Sosok Rendah Hati

Hello.id, Jakarta - Pesinetron Marshanda mengenang mendiang Mochamad Syariful Zanna alias Cecep Reza sebagai sosok yang rendah hati dan penyayang.

Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.