Home HEALTH & SEX Health Minum Kopi Setiap Jam Sehari? Ini Kata Pakar

Minum Kopi Setiap Jam Sehari? Ini Kata Pakar

Hello.id, Jakarta – Sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa mengkosumsi kopi hingga 25 cangkir per hari masih aman untuk jantung, telah memicu perdebatan di antara para ahli kesehatan.

Sebagian besar pakar justru menyarankan orang dewasa tidak mengkonsumsi lebih dari 400 miligram kafein per hari atau kira-kira empat cangkir kopi, terutama jika Anda mengalami efek samping seperti gelisah, sakit kepala, masalah perut dan gangguan suasana hati.

Lalu, apakah aman minum secangkir kopi setiap jam sehari?

Kelebihan konsumsi kafein dapat meningkatkan tekanan darah mereka ke tingkat yang tidak sehat.

Alice Lichtenstein, profesor di Tufts Friedman School of Nutrition Science and Policy mengatakan, data tentang konsumsi kopi yang sangat banyak sangat langka, sehingga sulit untuk menjawabnya dengan pasti.

Masing-masing orang juga merespons dan memetabolisme kafein secara berbeda, sehingga risikonya mungkin tidak sama.

Tetapi ada beberapa hal yang harus diingat setiap orang. Orang yang bermasalah tekanan darahnya memiliki risiko paling jelas. Kelebihan konsumsi kafein dapat meningkatkan tekanan darah mereka ke tingkat yang tidak sehat.

Dalam kasus yang jarang terjadi, kelebihan asupan kafein juga disalahkan atas masalah jantung dan bahkan kematian, meskipun sebagian besar di antara orang yang mengkonsumsi minuman energi memiliki kondisi kardiovaskular yang sudah ada sebelumnya.

Minum 25 kopi sehari misalnya, mungkin juga akan mempengaruhi tidur. Kurang tidur dikaitkan dengan obesitas dan berbagai penyakit kronis lainnya, belum lagi kelelahan dan kehilangan produktivitas.

Lichtenstein menambahkan, ukuran penyajian kopi dan kandungan kafein dapat bervariasi secara drastis –25 cangkir espresso mungkin memiliki efek yang berbeda dari 25 kopi lainnya, misalnya dan minum kopi hitam lebih sehat daripada kopi dengan krim dan gula.

Lichtenstein mencatat, menyeduh kopi secara terus-menerus mungkin merupakan tanda ketergantungan, terutama bagi mereka yang merasa tidak dapat berfungsi tanpa kopi. (lws)


Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.

Must Read

Imam Nahrawi Tersangka, Presiden Jokowi Segera Putuskan Pengganti

Hello.id, Jakarta - Presiden Joko Widodo segera memutuskan pengganti Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi yang sudah menyerahkan surat pengunduran diri.

KPK Duga Uang Suap Imam Nahrawi Mengalir ke Pihak Lain

Hello.id, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga uang suap yang diterima oleh mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi juga...

Presiden Jokowi Harap Kementerian/Lembaga Yang Belum WTP Perbaiki Diri

Hello.id, jakarta - Presiden Joko Widodo berharap agar kementerian, lembaga maupun pemerintah daerah yang belum mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)...

Makin Banyak Laporan Keuangan Pemerintah Pusat-Daerah Raih WTP

Hello.id, Jakarta - Badan Pemeriksan Keuangan (BPK) mengatakan makin banyak laporan keuangan pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang meraih opini Wajar...

Rain dan Kim Tae-hee Sambut Kelahiran Anak Kedua

Hello.id, Jakarta - Aktris Kim Tae-hee dan penyanyi Rain, salah satu pasangan ternama Korea Selatan, menyambut kelahiran putri kedua mereka, Kamis (19/9/2019),...

Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.