Home HEALTH & SEX Health Delapan Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Delapan Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Hello.id, Jakarta – Para penderita diabetes harus berhati-hati dalam memilih makanan dan tetap harus teliti untuk menjaga kadar gula tetap stabil, termasuk untuk buah-buahan.

Seorang penderita diabetes dapat mengonsumsi buah dengan indeks glikemik yang rendah dan sedang. Buah-buahan yang berbasis air diyakini cukup bermanfaat bagi penderita diabetes.

Berikut adalah buah-buahan sehat yang jika dikonsumsi dalam jumlah sedang dan di bawah pengawasan dokter dapat mengendalikan kadar gula darah, menurut Boldsky, Kamis (23/5/2019).

1. Jeruk Bali

Sebanyak 91 persen kandungannya terdiri dari air. Buah itu kaya akan vitamin C, memiliki indeks glikemik sebesar 25, dan jumlah serat larut yang tinggi. Jeruk Bali juga termasuk naringenin yang merupakan flavonoid dan dapat meningkatkan sensitivitas tubuh dari insul

Jeruk Bali juga termasuk naringenin yang merupakan flavonoid dan dapat meningkatkan sensitivitas tubuh dari insul.

2. Stroberi

Stroberi sarat dengan vitamin, antioksidan, dan serat yang membantu dalam mengendalikan diabetes. Selain itu, stroberi memiliki indeks glikemik 41 dan rendah karbohidrat. Stroberi menjaga perut tetap kenyang, membuat berenergi, dan membantu menyeimbangkan kadar gula darah.

3. Apel

Kaya akan vitamin C, serat larut dan antioksidan, apel dapat membantu Anda mengendalikan diabetes. Mereka juga mengandung pektin yang membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan mengurangi kebutuhan insulin pada penderita diabetes sekitar 35 persen serta memiliki indeks glikemik rendah 38.

4. Pir

Memiliki 84 persen kadar air, pir berlimpah dengan serat dan vitamin yang membantu menjaga kadar gula darah di bawah kendali. Pir dianggap sangat bermanfaat bagi diabetes karena membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan tingkat glikemik rendah pada 38.

5. Alpukat

Lemak sehat dan kalium dalam alpukat bermanfaat bagi penderita diabetes. Alpukat juga membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat dalam tubuh. Buah itu memiliki indeks glikemik yang sangat rendah yaitu 15.

6. Jeruk

Jeruk kaya serat, rendah gula, tinggi vitamin C, dan tiamin. Konsumsi jeruk akan membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Mereka memiliki 87 persen kadar air dan memiliki indeks glikemik yang sangat rendah. Jeruk juga membantu Anda mengendalikan berat badan.

7. Plum

Selain rendah kalori, plum juga rendah dalam indeks glikemik. Plum adalah sumber serat yang membuatnya menjadi buah ideal untuk penderita diabetes dan jantung. Karena banyak pasien diabetes menderita sembelit, buah itu membantu meningkatkan sistem pencernaan dan menyembuhkan sembelit. Plum memiliki indeks glikemik 24 dan sangat rendah.

8. Nanas

Buah itu kaya akan sifat anti-virus dan anti-inflamasi sehingga nanas dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes. Dengan indeks glikemik 56, nanas aman untuk dikonsumsi. (mar)


Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.

Must Read

Instagram Tambah Fitur Laporkan Hoax

Hello.id, Jakarta - Instagram menambah fitur untuk melaporkan informasi yang salah pada platform berbagi foto dan video tersebut, sebagai upaya tambahan untuk...

Ganti Baterai iPhone Tak Bisa di Sembarang Toko

Hello.id, Jakarta - Apple memberi penjelasan mengapa baterai iPhone tidak bisa diganti di toko yang bukan gerai resmi atau yang bermitra dengan...

Traveloka, Pegipegi dan Tiket.com Beri Diskon Kemerdekaan

Hello.id, Jakarta - Biro perjalanan dalan jaringan atau online travel agent berlomba-lomba memberikan promosi tiket transportasi hingga hotel untuk menyambut Hari Kemerdekaan...

Tes DNA Bukan Hanya untuk Cari Hubungan Keluarga

Hello.id, Jakarta - Pengujian asam deoksiribonukleat atau akrab dikenal DNA seringkali dipahami sebagai salah satu prosedur untuk mengetahui riwayat keturunan, padahal pengujian...

Pakar : Temuan Akar Bajakah Melawan Sel Kanker Tahap Awal

Hello.id, Jakarta - Pakar medis dari Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Provinsi DKI Jakarta Venita berpendapat hasil temuan para siswa asal Palangkaraya,...

Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.