Home FOOD & TRAVEL Kuliner Mi kuah Tenggiri Bangka, Menu Berbuka Terlaris Selama Ramadhan

Mi kuah Tenggiri Bangka, Menu Berbuka Terlaris Selama Ramadhan

Hello.id, Pangkal Pinang – Euforia berburu jajanan berbuka puasa menjadi salah satu rutinitas masyarakat khususnya umat muslim di Kota Pangkal Pinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), selama bulan suci Ramadhan.

Makanan khas berbuka puasa yang paling diburu yaitu mi kuah ikan tenggiri, karena lezat, bergizi, dan harga juga terjangkau.

“Setiap tahun bulan suci Ramadhan, kami selalu ke sini mencari mi kuah ikan untuk berbuka puasa,” kata Rudi salah seorang pengunjung Pasar Ramadhan di Pasar Pagi Pangkal Pinang, Babel, Minggu (19/5/2019).

Mi kuah ikan berbeda dengan mi dari daerah lain. Mi khas Bangka ini diolah dengan paduan kuah ikan tenggiri yang sangat khas.

Ia mengatakan mi kuah ikan tenggiri ini sangat cocok untuk berbuka puasa, karena lezat, bergizi dan juga harga makanan khas Bangka Belitung ini terjangkau. Harga mi kuah ikan hanya Rp12.000 per porsi.

“Mi kuah ikan ini tidak hanya mengenyangkan perut, tetapi juga cepat mengembalikan stamina setelah sehari penuh berpuasa,” katanya.

Menurut dia, makanan berbuka puasa di Pasar Ramadhan cukup beragam mulai dari kolak, sop buah, es cendol, gorengan, es kelapa, dan berbagai jenis makanan lainnya. Namun satu makanan yang menjadi favorit keluarga yaitu mi kuah ikan tenggiri.

“Mi kuah ikan ini tidak hanya dibeli selama bulan puasa, tetapi hari-hari biasa makanan yang terdiri dari mie telur, dan tauge, kemudian disiram dengan kuah ikan tenggiri tetap ada di meja makan keluarga,” katanya.

Rita, salah seorang pedagang mi kuah ikan mengaku makanan khas ini sangat diminati dan laris manis dibeli pengunjung. “Alhamdulillah, setiap hari mi kuah ikan habis terjual,” katanya.

Ia mengatakan mi kuah ikan berbeda dengan mi dari daerah lain. Mi khas Bangka ini diolah dengan paduan kuah ikan tenggiri yang sangat khas.

Tekstur mi yang lembut, kemudian direbus sebentar sebelum dicampur dengan racikan bumbu rempah kuah ikan tenggiri. Rempah yang digunakan antara lain bawang putih, jahe, cengkeh, pala dan ketumbar. Ia mengatakan agar tidak amis, ikan tenggirinya harus yang segar.

“Untuk menambah rasa segar dan mengurangi aroma ikannya, saya menambahkan air jeruk kunci Bangka,” katanya. (apr)


Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.

Must Read

Instagram Tambah Fitur Laporkan Hoax

Hello.id, Jakarta - Instagram menambah fitur untuk melaporkan informasi yang salah pada platform berbagi foto dan video tersebut, sebagai upaya tambahan untuk...

Ganti Baterai iPhone Tak Bisa di Sembarang Toko

Hello.id, Jakarta - Apple memberi penjelasan mengapa baterai iPhone tidak bisa diganti di toko yang bukan gerai resmi atau yang bermitra dengan...

Traveloka, Pegipegi dan Tiket.com Beri Diskon Kemerdekaan

Hello.id, Jakarta - Biro perjalanan dalan jaringan atau online travel agent berlomba-lomba memberikan promosi tiket transportasi hingga hotel untuk menyambut Hari Kemerdekaan...

Tes DNA Bukan Hanya untuk Cari Hubungan Keluarga

Hello.id, Jakarta - Pengujian asam deoksiribonukleat atau akrab dikenal DNA seringkali dipahami sebagai salah satu prosedur untuk mengetahui riwayat keturunan, padahal pengujian...

Pakar : Temuan Akar Bajakah Melawan Sel Kanker Tahap Awal

Hello.id, Jakarta - Pakar medis dari Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Provinsi DKI Jakarta Venita berpendapat hasil temuan para siswa asal Palangkaraya,...

Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.