Home HEALTH & SEX Health Vitamin A Bermanfaat untuk Kesehatan Tulang Hingga Reproduksi

Vitamin A Bermanfaat untuk Kesehatan Tulang Hingga Reproduksi

Hello.id, Jakarta – Vitamin A selama ini dikenal bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, padahal vitamin ini juga memiliki peranan penting lain seperti mencegah penyakit serta meningkatkan kesehatan tulang.

Jenis vitamin A yang paling umum adalah beta-karoten dan karotenoid dan biasa ditemukan pada aprikot, blewah, jeruk bali, wortel, ubi, labu, brokoli, sayuran berdaun hijau, mangga serta pepaya. Sedangkan untuk vitamin A retinol hanya dapat berasal dari sumber hewani seperti hati, daging ikan seperti salmon, keju, mentega, telur dan susu.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari vitamin A, menurut Boldsky, Rabu (15/5/2019).

1. Melindungi mata

Salah satu manfaatnya adalah membantu menjaga penglihatan dan meningkatkan penglihatan karena merupakan komponen yang penting untuk mengaktifkan rhodopsin. Beta-karotennya juga berperan dalam mencegah degenerasi makula yang menjadi penyebab utama kebutaan.

Salah satu manfaat vitamin A adalah membantu menjaga penglihatan dan meningkatkan penglihatan karena merupakan komponen yang penting untuk mengaktifkan rhodopsin.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Vitamin A berperan dalam menjaga kekebalan tubuh dan bermanfaat untuk menangkal penyakit serta infeksi dengan meningkatkan produksi dan fungsi sel darah putih. Kekurangan vitamin A akan meningkatkan kemungkinan melemahnya sistem kekebalan tubuh.

3. Menurunkan resiko kanker

Vitamin A memainkan peran integral dalam mencegah kanker, menurut sebuah studi “Retinoid dan reseptornya dalam pengembangan kanker dan kemoprevens” yang diterbitkan dalam “Ulasan kritis dalam onkologi/hematologi”, memiliki jumlah vitamin A yang tinggi dikaitkan dengan penurunan resiko kanker tertentu seperti kanker paru-paru, kanker kandung kemih dan kanker serviks.

4. Mengurangi masalah kulit

Masalah kulit seperti komedo, bintik-bintik yang menyakitkan di wajah, punggung dan dada terjadi ketika kelenjar sebaceous tersumbat dengan kulit dan minyak. Dermatologis sering meresepkan vitamin A untuk melawan jerawat dan keriput karena khasiatnya terhadap kulit.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa vitamin A, karotenoid, dan provitamin A karotenoid dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

6. Meningkatkan kesehatan tulang

Konsumsi vitamin A dalam jumlah yang cukup diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Internasional Penelitian Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat menunjukkan bahwa orang dengan kadar vitamin A yang rendah memiliki resiko patah tulang yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang memiliki tingkat vitamin A yang lebih baik.

7. Membantu reproduksi

Secara khusus, vitamin A dianggap sebagai salah satu vitamin terbaik untuk perempuan karena membantu dalam pertumbuhan normal dan perkembangan embrio selama kehamilan. Perempuan hamil juga mendapatkan manfaat tambahan dari vitamin A. (mar)


Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.

Must Read

Saratoga Siap bagi Dividen 20 Juni 2019

Hello.id, Jakarta - PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) siap membagikan dividen tunai final tahun buku 2018 sebesar Rp110 per saham.

RI Masih Larang Boeing 737 Max 8 Mengudara

Hello.id, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melarang pesawat Boeing 737 Max 8 untuk digunakan oleh maskpaai mengangkut pemudik saat lebaran...

Layani Mudik, 524 Pesawat Dinyatakan Layak Terbang

Hello.id, Jakarta - Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti terus melaksanakan ramp check guna memastikan kesiapan bandara, maskapai penerbangan,...

Makanan Pemicu dan Penangkal Kanker

Hello.id, Jakarta - Sebuah studi dalam JNCI Cancer Spectrum mengungkapkan sejumlah makanan yang berhubungan dengan meningkatnya risiko seseorang terkena kanker, salah satunya...

Bank Mandiri Operasikan 350 Cabang pada Periode Libur Idulfitri

Hello.id, Jakarta - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menyatakan sebanyak 350 kantor cabang akan tetap akan dioperasikan secara terbatas dan melayani nasabah...

Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.