Home FOOD & TRAVEL Kuliner Lidah Kucing Jadi Primadona di Sentra Kue Musiman Senen

Lidah Kucing Jadi Primadona di Sentra Kue Musiman Senen

Hello.id, Jakarta – Lidah kucing rupanya masih jadi favorit banyak orang. Rasanya yang manis, gurih dan renyah membuat cemilan itu diburu di sentra penjualan kue kering Senen, Jakarta Pusat selama Ramadhan.

Seorang pedagang musiman di Senen, Hasanuddin mengatakan permintaan kue kering untuk kebutuhan Lebaran tahun ini terbilang cukup tinggi. Bahkan, lonjakan pesanan sudah terasa sejak tiga bulan sebelum bulan puasa.

“Produksi kue dimulai sejak Maret hingga H-3 sebelum Lebaran. Permintaan terbanyak jenis lidah kucing,” kata Hasanuddin saat ditemui di pabrik kue kering Pusaka Kwitang miliknya, Senin (13/5/2019).

Lidah kucing mulai dikenal di Indonesia sejak era kolonialisme Belanda. Dalam bahasa Belanda kue itu disebut “Katte Tong” yang berarti lidah kucing.

Konsumen yang membeli kue buatannya berasal dari berbagai kota, di antaranya Jakarta, Tanggerang, Jambi hingga Batam.

Selain membuat lidah kucing, Hasanuddin yang dibantu 20 karyawan juga membuat aneka kue kering lainnya seperti kue kacang, nastar, puteri salju dan kastengel.

Dia memproduksi 20 kaleng per hari. Berat satu kaleng mencapai sembilan kilogram.

“Untuk tahun ini, kami menargetkan sebanyak 2.000 kaleng kue kering akan diproduksi,” ujarnya.

Hal serupa juga diucapkan Yuli, pedagang kue kering dari rumah produksi Palmy Kwitang di Senen.

“Kami membuat sekitar 20 jenis kue kering, yang paling diminati konsumen saat ini masih lidah kucing,” kata Yuli.

Lidah kucing mulai dikenal di Indonesia sejak era kolonialisme Belanda. Dalam bahasa Belanda kue itu disebut “Katte Tong” yang berarti lidah kucing.

Kue tipis renyah itu terbuat dari adonan tepung terigu dicampur mentega, gula bubuk, susu dan telur yang kemudian dipanggang dalam oven. Variannya kini beragam, ada yang menambahkannya dengan cokelat, perasa jeruk dan rempah-rempah.

Di Indonesia, kue lidah kucing sering disajikan bersama teh maupun kopi, sementara di Prancis kue ini sering disajikan dengan es krim. (sug)


Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.

Must Read

Kejutan bagi Suho EXO dari Penggemar Jakarta

Hello.id, Jakarta - Pemimpin grup vokal asal Korea Selatan EXO, Suho mendapatkan kejutan dari para penggemarnya di Jakarta di sela acara pemberian...

Unggahan Glenn Fredly Tentang Prabowo-Sandiaga Menuai Reaksi Beragam

Hello.id, Jakarta - Unggahan konten penyanyi Glenn Fredly di Instagram, yang sudah dihapus namun diunggah ulang oleh akun lain, mengenai pasangan Prabowo...

Saratoga Siap bagi Dividen 20 Juni 2019

Hello.id, Jakarta - PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) siap membagikan dividen tunai final tahun buku 2018 sebesar Rp110 per saham.

RI Masih Larang Boeing 737 Max 8 Mengudara

Hello.id, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melarang pesawat Boeing 737 Max 8 untuk digunakan oleh maskpaai mengangkut pemudik saat lebaran...

Layani Mudik, 524 Pesawat Dinyatakan Layak Terbang

Hello.id, Jakarta - Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti terus melaksanakan ramp check guna memastikan kesiapan bandara, maskapai penerbangan,...

Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.