Home FOOD & TRAVEL Kuliner Berkah Ramadhan Juga Dirasakan Pedagang Lemang, Makanan Khas Padang

Berkah Ramadhan Juga Dirasakan Pedagang Lemang, Makanan Khas Padang

Hello.id, Jakarta – Berkah Ramadhan tahun ini juga dirasakan para pedagang di Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, yang menjajakan lemang, makanan khas Padang Sumatera Barat yang terbuat dari beras ketan dan santan.

“Alhamdulillah penjualannya meningkat, sehari biasanya terjual 15 buah, bulan puasa seperti ini bisa 30 buah bahkan lebih,” kata Nuraini (30), pedagang lemang bambu dan nasi kapau di Jalan Kramat Raya, Senin (13/5/2019).

Di kawasan Jalan Kramat Raya, lemang dijual dengan harga satuan antara Rp30.000 sampai Rp35.000.

Lemang dibuat dari beras ketan dan santan kelapa lalu dibungkus dengan daun pisang dan dimasukkan ke dalam bambu kemudian dibakar selama empat jam.

Angka penjualan lemang di kawasan itu pada awal Ramadhan, diakui para pedagang, naik hingga dua kali lipat dari hari biasa.

Menurut Nuraini, yang telah 25 tahun menggeluti usaha lemang bersama keluarga, omzet penjualan lemang bisa naik sampai 100 persen selama Ramadhan.

“Kalau hari biasa pendapatan kisaran Rp500 ribu, kalau Ramadhan bisa mencapai Rp1 juta lebih,” katanya.

Anik, pedagang lemang lain di Jalan Kramat Raya, juga merasakan kenaikan omzet penjualan.

“Kalau sehari biasanya menyediakan 20 masih sisa 10 buah, bulan puasa seperti ini 20 bisa habis, bahkan kadang sampai minta pedagang sebelah,” katanya.

Lemang dibuat dari beras ketan dan santan kelapa lalu dibungkus dengan daun pisang dan dimasukkan ke dalam bambu kemudian dibakar selama empat jam.

“Ini cuma pakai garam saja, jadi tanpa pengawet, karena dalam bambu dan dibakar lama jadi walau pun sore tetap hangat, ini juga bisa tahan hingga dua hari,” Nuraini menerangkan.

Anik menjelaskan lemang biasanya dimakan bersama tapai, atau rendang, atau opor ayam, atau durian.

“Jadi memang sesuai dengan selera masing-masing saja, lemang gurih biasa dimakan dengan yang manis,” katanya. (dew)


Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.

Must Read

Saratoga Siap bagi Dividen 20 Juni 2019

Hello.id, Jakarta - PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) siap membagikan dividen tunai final tahun buku 2018 sebesar Rp110 per saham.

RI Masih Larang Boeing 737 Max 8 Mengudara

Hello.id, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melarang pesawat Boeing 737 Max 8 untuk digunakan oleh maskpaai mengangkut pemudik saat lebaran...

Layani Mudik, 524 Pesawat Dinyatakan Layak Terbang

Hello.id, Jakarta - Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti terus melaksanakan ramp check guna memastikan kesiapan bandara, maskapai penerbangan,...

Makanan Pemicu dan Penangkal Kanker

Hello.id, Jakarta - Sebuah studi dalam JNCI Cancer Spectrum mengungkapkan sejumlah makanan yang berhubungan dengan meningkatnya risiko seseorang terkena kanker, salah satunya...

Bank Mandiri Operasikan 350 Cabang pada Periode Libur Idulfitri

Hello.id, Jakarta - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menyatakan sebanyak 350 kantor cabang akan tetap akan dioperasikan secara terbatas dan melayani nasabah...

Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.