Home HEALTH & SEX Health Tips Dokter untuk Kesehatan Selama Berpuasa

Tips Dokter untuk Kesehatan Selama Berpuasa

Hello.id, Depok – Kepala Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Puskesmas Tugu Kota Depok Jawa Barat, dr. Eka Kurniati membagi tips agar tetap sehat saat menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan.

“Perlu mengatur pola makan yang dapat dilakukan saat berbuka puasa dan sahur. Tentunya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan air yang cukup,” ujar Eka Kurniati di Depok, Minggu (12/5/2019).

Ia mengatakan saat berbuka harus mengonsumi makanan atau minuman yang manis sebagai pengganti kadar gula yang rendah selama berpuasa.

Sangat dianjurkan ketika puasa minum air putih 8 – 10 gelas mulai dari buka puasa hingga sahur.

Menjaga kesehatan saat menjalankan ibadah puasa harus dilakukan, karena banyak terjadi perubahan pola hidup selama menjalankan ibadah puasa, mulai dari pola makan hingga pola tidur yang berkurang.

Selain itu katanya dianjurkan minum air putih 8 – 10 gelas mulai dari buka puasa hingga sahur. Sedangkan untuk makanan yang dihidangkan harus memenuhi gizi seimbang di antaranya makanan pokok, lauk pauk, sayuran, dan buah-buahan.

Menurut Eka meskipun berpuasa juga harus tetap melakukan aktivitas fisik yang memungkinkan selama 30 menit setiap harinya. Tidak hanya itu, juga dianjurkan melakukan cek kesehatan secara rutin bagi penderita hipertensi.

“Pemeriksaan kesehatan penting dilakukan. Karena dengan cek kesehatan kita tahu bagaimana kondisi tubuh setelah menjalankan ibadah puasa,” katanya. (fer)


Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.

Must Read

Saratoga Siap bagi Dividen 20 Juni 2019

Hello.id, Jakarta - PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) siap membagikan dividen tunai final tahun buku 2018 sebesar Rp110 per saham.

RI Masih Larang Boeing 737 Max 8 Mengudara

Hello.id, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melarang pesawat Boeing 737 Max 8 untuk digunakan oleh maskpaai mengangkut pemudik saat lebaran...

Layani Mudik, 524 Pesawat Dinyatakan Layak Terbang

Hello.id, Jakarta - Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti terus melaksanakan ramp check guna memastikan kesiapan bandara, maskapai penerbangan,...

Makanan Pemicu dan Penangkal Kanker

Hello.id, Jakarta - Sebuah studi dalam JNCI Cancer Spectrum mengungkapkan sejumlah makanan yang berhubungan dengan meningkatnya risiko seseorang terkena kanker, salah satunya...

Bank Mandiri Operasikan 350 Cabang pada Periode Libur Idulfitri

Hello.id, Jakarta - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menyatakan sebanyak 350 kantor cabang akan tetap akan dioperasikan secara terbatas dan melayani nasabah...

Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.