Home HEALTH & SEX Health Mau Lebih Sehat? Coba Ganti Gula dengan Ini

Mau Lebih Sehat? Coba Ganti Gula dengan Ini

Hello.id, Jakarta – Konsumsi gula berlebihan apalagi pemanis buatan bisa mempengaruhi kesehatan tubuh, mulai dari menyebabkan kenaikan berat badan, berkontribusi terhadap hipertensi, perlemakan hati, diabetes dan sejumlah penyakit lainnya.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan orang dewasa dan anak-anak untuk mengurangi asupan gula harian kurang dari 10 persen dari total asupan energi mereka. Bahkan pengurangan 5 persen lebih lanjut, yaitu sekitar 25 gram (6 sendok teh) setiap hari, dapat berdampak positif untuk kesehatan.

Selain gula, sebenarnya ada beberapa alternatif yang bisa Anda coba sebagai pemanis, asalkan dikonsumsi dengan jumlah yang disarankan. Apa saja? Berikut tiga di antaranya seperti dilansir Indian Express, Minggu (12/5/2019).

Madu

Madu mengandung nutrisi dan menjadi bahan utama beberapa pengobatan. Madu bisa membuat wajah Anda bercahaya, membantu pencernaan pati sehingga antioksidan meningkat. Oleh karena itu madu bisa membantu menurunkan tekanan darah dan risiko serangan jantung.

Madu juga bisa Mencegah kanker dan penyakit jantung.

Gula kelapa

Gula ini terbuat dari getah, cairan manis dari tanaman kelapa. Ada beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya, antara lain mineral seperti besi, kalsium, kalium dan seng serta antioksidan.

Gula kelapa memiliki serat atau inulin yang membantu memperlambat penyerapan glukosa, sehingga memberikan alternatif bagi mereka yang menderita diabetes. Gula ini memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dari gula biasa.

Stevia

Stevia bisa menjadi pengganti gula yang tak menyebabkan efek pada insulin atau kadar gula darah. Diekstrak dari Stevia rebaudiana, spesies tanaman yang ditemukan di Brasil, pemanis ini mengandung nol kalori. (lws)


Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.

Must Read

EXO Komentari Antusiasme Penggemar Hingga Rencana Konser di Indonesia

Hello.id, Jakarta - Boy group EXO yang diwakili tiga personelnya, Suho, Chen dan Kai mengomentari antusiasme para penggemar di Indonesia yang luar...

Mencoba Bunuh Diri, Penyanyi K-Pop Goo Ha-ra Dilarikan ke Rumah Sakit

Hello.id, Jakarta - Penyanyi Korea Selatan Goo Ha-ra, mantan anggota grup K-pop Kara, masuk ke rumah sakit, Minggu (26/5/2019) setelah melakukan upaya...

Hadapi Cuaca Panas, EXO Rekomendasikan Ini untuk Penggemar Indonesia

Hello.id, Jakarta - Tiga personel boy group EXO, Suho, Chen dan Kai merekomendasikan sejumlah produk perawatan kulit yang cocok untuk para penggemar...

Kejutan bagi Suho EXO dari Penggemar Jakarta

Hello.id, Jakarta - Pemimpin grup vokal asal Korea Selatan EXO, Suho mendapatkan kejutan dari para penggemarnya di Jakarta di sela acara pemberian...

Unggahan Glenn Fredly Tentang Prabowo-Sandiaga Menuai Reaksi Beragam

Hello.id, Jakarta - Unggahan konten penyanyi Glenn Fredly di Instagram, yang sudah dihapus namun diunggah ulang oleh akun lain, mengenai pasangan Prabowo...

Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.