Home EKONOMI & BISNIS Finansial Rupiah Terkoreksi Turun Setelah Penguatan Tiga Hari Beruntun

Rupiah Terkoreksi Turun Setelah Penguatan Tiga Hari Beruntun

Hallo.id, Jakarta – Nilai tukar (kurs) rupiah, yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Kamis sore (15/3/2019), terkoreksi turun setelah mengalami penguatan dalam tiga hari terakhir secara beruntun.

Kurs rupiah sore ini melemah 13 poin menjadi Rp14.278 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.265 per dolar AS.

BACA JUGA : Rupiah Kamis Pagi Dibuka Menguat 14 Poin

Direktur Utama PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Kamis, mengatakan, pelemahan rupiah dipengaruhi faktor eksternal yaitu terkait isu Brexit dan juga pelemahan yuan.

“Anggota parlemen Inggris memilih untuk menolak meninggalkan Uni Eropa tanpa perjanjian penarikan. Sementara, Yuan juga turun setelah rilis data output pabrik di bawah perkiraan,” ujarnya.

Sementara itu, Washington menargetkan untuk memotong ekspor minyak mentah Iran sekitar 20 persen menjadi di bawah satu juta barel per hari yang mengakibatkan harga minyak mentah dunia kembali menguat.

“Ini akan berpengaruh terhadap membengkaknya neraca perdagangan Indonesia karena impor BBM yang dengan sendirinya akan lebih mahal dan membutuhkan dolar AS yang lebih besar,” katanya.

Badan Pusat Statistik (BPS) dijadwalkan merilis data perdagangan internasional Indonesia periode Februari 2019 pada Jumat (15/3/2019) pagi.

Prediksi para analis memperkirakan ekspor terkontraksi alias minus 4,26 persen (yoy), impor naik tipis 0,4 persen, dan neraca perdagangan minus 841 juta dolar AS.

Nilai tukar (kurs) rupiah pada Kamis pagi dibuka menguat Rp14.240 dolar AS. Sepanjang hari, rupiah bergerak di kisaran Rp14.240 per dolar AS hingga Rp14.280 per dolar AS.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Kamis menunjukkan, rupiah menguat menjadi Rp14.253 per dolar AS dibanding hari sebelumnya di posisi Rp14.269 per dolar AS. (cit)


Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.

Must Read

Ini Nama 20 Calon Menteri Milenial Potensial Kabinet Jokowi

Hello.id, Jakarta, - Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) telah merilis 20 figur yang berpotensi menjadi menteri milenial di kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin. ASI...

“The Lion King” Pecahkan Rekor Tertinggi Film Disney

Hello.id, Jakarta - "The Lion King" membuka rekor tertinggi di akhir pekan box office Amerika Utara dengan meraih 185 juta dolar, sedangkan...

Darius dan Donna Agnesia Bakal Menjelajah Naik Motor ke Himalaya

Hello.id, Tangerang -Pasangan selebritis Darius Sinathrya dan Donna Agnesia akan melakukan perjalanan bermotor menuju pegunungan Himalaya pada 29 Juli sampai 8 Agustus...

Sihir “Mantra Mantra” Kunto Aji di We The Fest 2019

Hello.id, Jakarta - Penyanyi Kunto Aji "menyihir" penonton We The Fest 2019, Minggu (21/7/2019), lewat lagu-lagu yang diambil dari album terbarunya "Mantra...

Tulus Minta Penonton Gantikan Glenn Fredly di WTF 2019

Hello.id, Jakarta - Muhammad Tulus, penyanyi solo yang akrab disapa Tulus, menjadi pembuka penampilan di We The Fest Stage, salah satu panggung...

Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.