Home LIFESTYLE Beauty Keunggulan Kokon untuk Perawatan Kulit Wajah

Keunggulan Kokon untuk Perawatan Kulit Wajah

Hello.id, Jakarta – Kokon atau kepompong ulat sutera memiliki pH atau derajat keasaman yang hampir sama dengan kulit manusia sehingga cocok digunakan untuk perawatan wajah menurut peneliti ulat sutera dari Badan Litbang dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Lincah Andadari.

Saat dihubungi di Jakarta pada Rabu (27/2/2019), ia menjelaskan bahwa karena derajat keasamannya sama dengan kulit manusia, penggunaan kokon untuk perawatan kulit wajah tidak akan membuat kulit kering dan iritasi.

Di samping itu, menurut dia, kokon mengandung asam amino dengan jumlah yang hampir sama dengan kulit manusia. Saat direndam, kokon akan mengeluarkan sericin, protein yang mengandung 18 asam amino baik untuk kulit.

Kokon yang digunakan untuk perawatan wajah adalah kokon yang sama yang dimanfaatkan untuk membuat benang sutera.

“Kokon juga mengandung anti-bakteri yang bermanfaat melindungi jaringan kulit, serta kandungan fibroin yang merupakan protein dalam kulit kokon, sehingga kulit menjadi lembut dan berkilau,” kata Lincah.

Dia mengatakan sebaiknya kokon digunakan seminggu sekali untuk eksfoliasi, mengangkat sel kulit mati.

Kokon yang digunakan untuk perawatan wajah adalah kokon yang sama yang dimanfaatkan untuk membuat benang sutera.

Sebelum digunakan, kokon harus direndam dalam air hangat selama 10 hingga 15 menit.

Selain untuk melepas sericin, perendaman ditujukan untuk melunakkan kokon. Setelah lunak, masukan kokon ke dalam jari lalu usapkan ke lembut di wajah.

Kokon sudah lama digunakan oleh perempuan Jepang untuk merawat kulit, dan sekarang banyak digunakan oleh perempuan negara Asia seperti Jepang dan Korea untuk merawat kecantikan. (akf)


Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.

Must Read

Ini Nama 20 Calon Menteri Milenial Potensial Kabinet Jokowi

Hello.id, Jakarta, - Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) telah merilis 20 figur yang berpotensi menjadi menteri milenial di kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin. ASI...

“The Lion King” Pecahkan Rekor Tertinggi Film Disney

Hello.id, Jakarta - "The Lion King" membuka rekor tertinggi di akhir pekan box office Amerika Utara dengan meraih 185 juta dolar, sedangkan...

Darius dan Donna Agnesia Bakal Menjelajah Naik Motor ke Himalaya

Hello.id, Tangerang -Pasangan selebritis Darius Sinathrya dan Donna Agnesia akan melakukan perjalanan bermotor menuju pegunungan Himalaya pada 29 Juli sampai 8 Agustus...

Sihir “Mantra Mantra” Kunto Aji di We The Fest 2019

Hello.id, Jakarta - Penyanyi Kunto Aji "menyihir" penonton We The Fest 2019, Minggu (21/7/2019), lewat lagu-lagu yang diambil dari album terbarunya "Mantra...

Tulus Minta Penonton Gantikan Glenn Fredly di WTF 2019

Hello.id, Jakarta - Muhammad Tulus, penyanyi solo yang akrab disapa Tulus, menjadi pembuka penampilan di We The Fest Stage, salah satu panggung...

Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.