Home LIFESTYLE Beauty Bahaya Steroid dalam Produk Kosmetik

Bahaya Steroid dalam Produk Kosmetik

Hello.id, Jakarta – Jika Anda menggunakan produk kecantikan yang fungsinya memutihkan kulit, perhatikan apakah ada efek lain, misalnya tumbuh rambut-rambut halus atau tidak, karena bisa jadi ada kandungan steroid di sana.

Dokter spesialis kulit sekaligus Direktur Research and Development, PT Paragon Technology & Innovation, dr. Sari Chairunnisa, SpKK mengatakan steroid khususnya tipe dermovate berfungsi sebagai anti radang, namun punya efek samping membuat kulit menjadi putih.

“Ada beberapa yang menjual steroid sebagai lotion pemutih untuk badan. Itu sebenarnya krim anti radang. Efek sampingnya hipopigmentasi atau putih. Dalam jangka panjang bisa berdampak sistemik,” kata dia di Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Lotion pemutih badan yang memiliki efek samping hipopigmentasi atau putih.

Selain itu, biasanya juga muncul kehitaman dan stretchmark di bagian kulit yang diolesi streoid. Untuk itu, penggunaan steroid khususnya dermovate harus sesuai resep dokter.

Selain steroid masih banyak bahan-bahan di luar sana yang tidak aman namun digunakan dalam produk kosmetik. Bahaya yang muncul juga beragam sesuai bahannya.

Agar tak salah memilih produk, Sari menekankan masyarakat memastikan produsen jelas dan pada produknya sudah mendapatkan notifikasi BPOM dan MUI.

“Produk kosmetik aman bagian dari halal. Halal di sini berarti menggunakan bahan baku yang aman bagi kulit dan sesuai hukum Islam, serta memiliki proses produksi yang sesuai dengan syariat Islam dan tidak menyakiti makhluk hidup lain. Bahaya kosmetik enggak aman bisa berdampak buruk bagi kulit, tergantung bahannya,” ujar dia. (lws)


Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.

Must Read

Mantan Manager Stan Lee Akhirnya Diciduk

Hello.id, Jakarta - Mantan manajer Stan Lee yang bernama Keya Morgan diciduk dan dipenjarakan di Arizona pada Sabtu (25/5/2019) pagi atas perintah...

“Parcel Rehat”, Hadiah Istimewa dari Kunto Aji

Hello.id, Jakarta - Album terbaru Kunto Aji "Mantra Mantra" berisi pengalaman pribadi sang penyanyi yang mengajak pendengar untuk merenungkan kesehatan mereka,...

Tiga Hari Tayang, “Aladdin” Raup Rp12,3 Triliun

Hello.id, Jakarta - Pendapatan film "Aladdin" dalam penutupan box office pekan lalu cukup menggembirakan yakni sebesar 86,1 juta dolar atau Rp12,3 triliun...

EXO Komentari Antusiasme Penggemar Hingga Rencana Konser di Indonesia

Hello.id, Jakarta - Boy group EXO yang diwakili tiga personelnya, Suho, Chen dan Kai mengomentari antusiasme para penggemar di Indonesia yang luar...

Mencoba Bunuh Diri, Penyanyi K-Pop Goo Ha-ra Dilarikan ke Rumah Sakit

Hello.id, Jakarta - Penyanyi Korea Selatan Goo Ha-ra, mantan anggota grup K-pop Kara, masuk ke rumah sakit, Minggu (26/5/2019) setelah melakukan upaya...

Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.