Home LIFESTYLE Beauty Bagaimana Menentukan Cocok atau Tidaknya Produk Kosmetik

Bagaimana Menentukan Cocok atau Tidaknya Produk Kosmetik

Hello.id, Jakarta – Sebagian dari Anda mungkin masih bingung menentukan apakah produk kosmetik yang baru digunakan cocok untuk kulit atau tidak.

Dokter spesialis kulit sekaligus Direktur Research and Development, PT Paragon Technology & Innovation, dr. Sari Chairunnisa, SpKK mengatakan hasil atau efek suatu produk tergantung pada bahan dan masalah kulit. Dia menganjurkan untuk mengamati kulit hingga beberapa bulan setelah pemakaian produk.

BACA JUGA : Bahaya Steroid dalam Produk Kosmetik

Produk yang tak cocok untuk kulit juga menimbulkan keluhan lain seperti komedo, bruntusan sampai kering atau agak merah, hingga perih.

“Bisa menilai harus evaluasi dua minggu kah, sebulan kah. Cocok atau tidak secara medis iritasi ada dalam hitungan jangka yang terlihat misal terasa panas. Tetapi ada iritasi yang late on set. Misal baru enam minggu,” ujar dia dalam diskusi bersama Wardah di Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Sari menekankan, cepat atau lambatnya muncul iritasi tergantung kadar iritan bahan. Semakin tinggi kadarnya, semakin cepat muncul efeknya seperti panas dan gatal.

Selain iritasi, biasanya produk yang tak cocok untuk kulit juga menimbulkan keluhan lain seperti komedo, bruntusan sampai kering atau agak merah, hingga perih.

“Amannya diberhentikan dulu. Lalu ketika kulit sudah mereda kita bisa saja cek produk di belakang telinga dulu atau punggung tangan. Setidaknya untuk keluhan terasa panas, perih, kering bisa ter-cover dengan metode itu,” kata Sari.

Dia mengatakan biasanya menganjurkan pasiennya mengaplikasikan produk yang baru dia beli pada malam hari selama tiga hari berturut-turut untuk melihat ada atau tidaknya efek samping. (lws)


Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.

Must Read

Unggahan Glenn Fredly Tentang Prabowo-Sandiaga Menuai Reaksi Beragam

Hello.id, Jakarta - Unggahan konten penyanyi Glenn Fredly di Instagram, yang sudah dihapus namun diunggah ulang oleh akun lain, mengenai pasangan Prabowo...

Saratoga Siap bagi Dividen 20 Juni 2019

Hello.id, Jakarta - PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) siap membagikan dividen tunai final tahun buku 2018 sebesar Rp110 per saham.

RI Masih Larang Boeing 737 Max 8 Mengudara

Hello.id, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melarang pesawat Boeing 737 Max 8 untuk digunakan oleh maskpaai mengangkut pemudik saat lebaran...

Layani Mudik, 524 Pesawat Dinyatakan Layak Terbang

Hello.id, Jakarta - Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti terus melaksanakan ramp check guna memastikan kesiapan bandara, maskapai penerbangan,...

Makanan Pemicu dan Penangkal Kanker

Hello.id, Jakarta - Sebuah studi dalam JNCI Cancer Spectrum mengungkapkan sejumlah makanan yang berhubungan dengan meningkatnya risiko seseorang terkena kanker, salah satunya...

Hubungi redaksihello.id@gmail.com atau 0878-15557788, jika kegiatan (korporasi atau institusi) Anda ingin diberitakan di media ini.